Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

KHAZANAH · 25 Jul 2020 07:35 WIB ·

Rumoh Inong dan Modifikasi Modern


 Rumoh Inong dan Modifikasi Modern Perbesar

Catatan : Tarmizi Abdul Hamid (Pemerhati Sejarah dan Budaya Aceh)

Beberapa hari yang lalu, saya ke Padang Tiji Pidie, bersama Adinda Mukhsin atau sering disapa dengan Toke Cheik, tujuan kesana adalah dalam rangka memenuhi berbagai undangan dari sahabat sahabat yang lama, karena di daerah Padang Tiji banyak teman teman saya semenjak dari SMA dulu.

Tarmizi A Hamid

Nah pada kesempatan ini Adinda Toke Syek memperkenalkan kepada saya salah satu rumah warisan orang tua beliau kepada saya Rumoh Adat Aceh (Rumoh Aceh) yang telah direnovasi dan di modifikasi ruang Inong (ruang tengah atas rumoh Aceh) seperti kamar hotel mewah, dan tidak mengubah bentuk struktur asal usul dasarnya.

Pada bahagian ruang tengah rumoh Aceh tersebut (rumoh inong), Toke Cheik menambah bangunan lain pada sisi ujung arah barat untuk memperluas rumoh inong itu sendiri sehingga menjadi luas dan padu dan tidak terganggu rumah dasar itu sendiri.

Rumoh inong diperluas sepanjang ujung ramoe dan rambat (istilah ruang – ruang pada rumoh Aceh). Saya sangat terkesima melihat modif itu dengan tidak mengganggu struktur aslinya, dan nuansa yang mewah, ada ruang shalat, ada wastafel ada toilet dan sejumlah perabot pada rumoh inong ini.

Modifikasi dengan tidak mengubah struktur asal dari keaslian rumah adat Aceh itu sendiri bentuk dari mempertahankan nilai nilai budaya dan adat sebagai khazanah Aceh masa lalu dan rasa penghormatan kepada pemikir Arsitektur (Utoh) pada eranya.

Dalam hati saya, pantas Toke Cheik lebih betah di Padang Tiji ketimbang di Banda Aceh selama ini hee hee,

Tulisan ini, mungkin bisa menambah inspirasi kepada sahabat dan rekan di Aceh yang masih memiliki Rumoh Aceh aslinya dan pengetahuan modifikasi sesuai kebutuhan yang diinginkan.

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Terlambat Mengkadha Puasa Hingga Masuk Ramadhan Selanjutnya

27 March 2024 - 13:36 WIB

Remaja Masjid Hasanul Basri Gandapura Gelar Daurah Ramadan Gratis

26 March 2024 - 19:38 WIB

11 Manfaat Puasa Menurut Ilmu Kesehatan

26 March 2024 - 14:02 WIB

Hari-hari Imam Syafi’i Selama Bulan Ramadhan

25 March 2024 - 14:10 WIB

5 Penyakit Kronis Ini Dapat Dikurangi Resikonya dengan Berpuasa, Penyakit Apa Saja?

24 March 2024 - 15:32 WIB

Urutan Keutamaan Makanan dan Minuman Berbuka Puasa beserta Hikmahnya

24 March 2024 - 14:20 WIB

Trending di KHAZANAH