Zikir Akbar dan Ratep Siribee Abuya Syaikh H. Amran Wali Al-Khalidy di Desa Paya Peunaga, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Minggu (26/7) malam.

Meulaboh – Abuya Syaikh H. Amran Wali Al-Khalidy mengajak ribuan jamaah untuk manajemenkan hati dari pengaruh hawa dan nafsu, agar gerak setiap langkah, tetap dalam ridha Allah SWT. Desa Paya Peunaga, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Minggu (26/7) malam.

“Sama seperti ucapan Pak ISMI (Amiruddin ST) tentang manajemen usaha. Hati juga perlu manajemen agar tetap bersih, jika tidak bersih maka kita akan jauh atau berjarak dari Allah SWT,” ucap Abuya.

Ia mencontohkan, saat usianya masih muda, memulai berbagai usaha, dari berjualan hingga berencana naik menjadi anggota dewan. “Namun, setelah di kaji-kaji, saya malah jauh dari Allah SWT, hingga saya memutuskan untuk meninggalkannya dan hanya beribadah kepada Allah SWT,” katanya.

Ribuan jamaah yang hadir dalam acara rateup seribe tersebut, juga diajak mulai belajar manajemen hatinya agar perjalanan hidup yang dilalui lebih berarti dan ibadahnya lebih meningkat. “Jadi kegiatan ratep seuribe seperti ini, jadikan latihan untuk memulai manajemen hati,” pintanya.

Terpisah, Komandan Majelis Pengkajian Tahuid Tasawuf
(MPTT) Aceh Barat, drh. Haji Ramadhan, menuturkan kehadiran Abuya Syaikh H. Amran Wali di Bumi Teuku Umar, merupakan agenda rutin setiap akhir bulan, untuk melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tauhid tasawuf dan tauhid sufi di Pasantren Babussalam Meulaboh. “Tauhid akidah kalau di pasantren telah ada, makanya untuk kajian tauhid tasawuf dan tauhid sufi harus mendatangkan Abuya Syaikh H. Amran Wali,” tuturnya.

Sekaligus, bertepatan dengan kehadiran Syaikh H. Amran Wali di Aceh Barat, Juga menggelar ratep seuribe tolak bala di Kecamatan Meureubo yang dihadiri sekitar lima ribu jamaah.

Selain hadir ribuan jamaah peserta rateup seuribe, juga terlihat hadir Ketua Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Aceh Barat, Amiruddin ST, yang turut memberikan motivasi kepada peserta zikir. “Sama motivasi saya dengan Abuya. Jika Abuya gencar tausiah tentang Agama Allah SWT, saya malah akan mewakafkan diri ini untuk mensejahterakan umat dengan berbagai program ekonomi rakyat,” sebut Amir yang disambut positif peserta zikir.(den)