Ilustrasi berlian. Foto: pixabay

INDIA (RA) – Keberuntungan tak terhingga dirasakan oleh seorang petani miskin, Anandilal Kushwaha (34).

Apa pasalnya? Warga Desa Ranipur, Distrik Panna Negara Bagian Madya Pradesh, India itu ternyata telah menemukan berlian berkualitas tinggi seberat 10,69 karat.

Tak pelak, Anandilal segera akan menikmati keberuntungannya menjadi seorang jutawan.

Kabar penemuan berlian itupun langsung tersebar luas di media sosial, Facebook, dan mengundang kebahagiaan warganet. Sebagian besar warganet mengucapkan selamat atas rezeku yang diterima Anandilal.

Mengutip GulfNews, sumber lokal mengatakan bahwa Anandilal bersama rekan-rekannya, sejak setahun terakhir telah menggarap ladang yang disewa dari pemerintah.

Hingga keberuntungan itu tiba, di mana Anandilal dan rekannya menemukan batu berharga di area ladangnya, pada pekan lalu.

“Saya dan rekan-rekan saya telah menggarap di tanah sewaan kami selama satu tahun terakhir. Kami tidak dapat mempercayai mata kami ketika kami menemukan berlian dengan kualitas dan ukuran yang begitu tinggi,” ujarnya.

Saat ini, batu berharga temuannya itu sudah diserahkan ke departemen pertambangan Distrik Panna, sesuai dengan persyaratan sewa dari pemerintah negara bagian.

Kemudian, berlian itu nantinya akan dilelang dan keuntungan akan dibagi kepada pemilik berlian setelah dikurangi royalti dan pajak. Hal itu sesuai aturan yang disepakati dalam Peraturan Pembangunan Pertambangan dan Mineral (MMDR) India.
Berlian yang ditemukan Anandilal diperkirakan bernilai INR5 juta atau setara Rp 975 juta dalam pelelangan.

Anandilal juga dilaporkan menemukan berlian 0,7 karat di ladangnya baru-baru ini. Distrik Panna berada di bawah wilayah Bundelkhand di Madhya Pradesh, yang dikenal kaya dengan cadangan berliannya. (mg8/jpnn)