Dinas Kesehatan Agara melakukan fogging demi mencegah penyebaran DBD di Desa Perapat Timur.NAUVAL/RAKYAT ACEH

KUTACANE (RA) – Tiga warga ditemukan positif Demam Berdarah Dengue (DBD). Desa Perapat Timut, Lawe Bulan, di Aceh Tenggara dilakukan fogging pihak Dinas Kesehatan, Selasa (27/7).

“Ada tiga warga yang positif DBD dan ada yang masih dirawat di Rumah Sakit Umum Sahudin Kutacane,” kata Kepala Desa Perapat Timur, Rika Sabty.

Kata dia, ketiga warganya terjangkit wabah DBD sudah terjadi sejak sepekan lalu. Walaupun kondisi kini sudah ada yang mulai membaik bahkan ada satu orang yang sudah sembuh dari penyekit disebab nyamuk tersebut.

“Pasca adanya warga yang terjangkit DBD kami langsung sampaikan pihak Dinas Kesehatan Agara untuk melakukan fogging demi mencegah penyebaran DBD di Desa Perapat Timur,” jelas Rika lagi.

Sementara Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Agara, Jefri menyatakan, sejak awal tahun 2020 baru di Desa Perapat Timur Kecamatan Lawe Bulan di temukan penyakit DBD.

“Karena ada laporan langsung dari Kepala Desa Perapat Timur, maka sejak tadi pagi hingga siang kami langsung lakukan fogging atau penyemprotan keseluruh rumah warga desa setempat,” jelasnya.

Diperkirakan lebih dari 100 unit rumah warga di Perapat Timur semuanya sudah di fogging. Tindakan fogging dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah DBD di Desa Perapat Timur. (val/bai)