Foto : Koordinator QCI Aceh memeriksa kondisi 30 sapi pada Kamis (30/7/2020) sore di komplek pesantren Dar Maryam, Kuta Malaka, Aceh Besar

Banda Aceh – Organisasi Nirlaba Qatar Charity bekerjasama dengan Kementerian Agama dan Zad Indonesia kembali membantu masyarakat kurang mampu di Indonesia, khususnya masyarakat terdampak pandemik COVID-19 dengan mendistribusikan daging kurban di Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh.

Menyemarakkan syiar Hari Raya Idul Adha 1441 H / 2020 yang lebih dikenal dengan Hari Raya Kurban, Qatar Charity Indonesia (QCI) Cabang Aceh mendistribusikan 2.160 paket daging kurban kepada masyarakat Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh.

Hal tersebut diutarakan Koordinator QCI Aceh, Muhammad Idharsyah, Lc., pada Kamis (30/7/2020) sore di ruang kerjanya yang berada di Gampong Cot Masjid, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh sepulangnya dari mendokumentasikan sapi saat masih hidup.

“Tahun ini, kantor pusat QC di negara Qatar mengalokasikan 30 ekor sapi kurban untuk Indonesia. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini semua sapi tersebut disembelih dan didistribusikan bagi masyarakat Aceh Besar dan Banda Aceh”, ujar Idharsyah.

Para penerima manfaat program Kurban 1441 / 2020 ini, imbuh Idharsyah berikutnya, terdiri dari anak yatim, anak disabilitas, keluarga fakir, mahasiswa dan guru yang memang telah menerima kafalah (santunan rutin) dari QCI Aceh.

“Selain penerima manfaat internal tersebut, juga ada penerima manfaat eksternal dari masyarakat Gampong Tumbo Baro, Kayee Kunyet dan Cot Bagi. Ketiga gampong itu berada di Aceh Besar”, imbuh Idharsyah.

Kemungkinan Bertambah

Proses penyembelihan ke-30 sapi dan pendistribusian dagingnya dilakukan dalam komplek Pesantren Dar Maryam di Kuta Malaka, Aceh Besar pada Jumat dan Sabtu, 10 & 11 Dzulhijjah atau 31 Juli dan 1 Agustus 2020.

Idharsyah juga mengungkapkan bahwa masih ada kemungkinan jumlah sapi kurban itu akan bertambah. Hal ini terjadi setiap momen Idul Adha sejak QCI Aceh mulai menjalankan khidmahnya pada medio kedua tahun 2005 lalu, karena para pequrban dari negara Qatar masih memberikan kurbannya di hari raya dan hari tasyriq.

“Walau jumlahnya tidak bisa dipastikan, kemungkinan bertambah itu bisa saja terjadi. Karenanya, kami sudah sampaikan kepada mitra pengadaan sapi kurban untuk bersiap-siap”, pungkasnya.