Field Manager PEP Rantau Field, Totok Parafianto menyerahkan 31 hewan kurban untuk disembelih dan dibagikan kepada warga sekitar melalui panitia BDI di Kompleks Pertamina setempat, Sabtu (1/8). DEDE-RAKYAT ACEH

ACEH TAMIANG (RA) – Pada Idul Adha 1441 Hijriyah tahun ini PT Pertamina EP Asset 1 Rantau Field menyembelih 31 hewan kurban. Daging kurban akan dibagikan kepada warga empat kampung disekitar operasional PT Pertamina. Empat kampung itu masing-masing, Kampung Alur Cucur, Rantau Pauh, Alur Manis dan Kampung Pertamina.

“Nantinya daging kurban akan dibagikan kepada warga empat kampung dengan jumlah penerima lebih kurang 1000 orang,” kata Field Manager (FM) PEP Rantau Field, Totok Parafianto kepada Rakyat Aceh disela penyerahan hewan kurban, di Kompleks Perumahan Pertamina setempat, Sabtu (1/8).

Penyerahkan 31 hewan kurban terdiri atas 15 ekor sapi dan 16 ekor kambing dipercayakan kepada panitia penyelenggara, yakni Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina Rantau. Panitia akan menyembelih dan membagikan daging sapi dan kambing tersebut.

Dijelaskan, 31 hewan kurban tersebut merupakan sumbangan dari para pekerja atau shohibul kurban dilingkungan PEP Rantau. Sementara pelaksanaan pemotongan dan pembagian daging kurban kali ini berbeda dengan tahun lalu. Saat penyembelihan tidak ada kumpulan orang dan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Daging kurban diantar kerumah warga masing-masing yang sudah diberi kupon.

“Alhamdulillah ditengah gempuran pandemi kita masih bisa melaksanakan ibadah sunah muakkad yaitu pemotongan hewan kurban,” sebut Totok.

Meski dimasa pandemi jumlah hewan kurban tahun ini tambah satu ekor. Idul Adha 1440 H Pertamina kurban 30 ekor terdiri 14 sapi dan 16 kambing. Sedangkan pada Idul Adha 1441 H perusahaan migas itu kurban 31 ekor terdiri dari 15 sapi dan 16 kambing.

Pihaknya juga bererimakasih kepada para shohibul kurban (pekerja Pertamina) dan panitia penyelenggara BDI yang telah melaksanakan pemotongan dan pembagian daging kurban. “Semoga menjadi ladang pahala dari amal ibadah yang kita lakukan ini,” kata dia. (mag-86)