Filips tengah menghubungi keluarganya di depan ruko miliknya yang baru saja terbakar hingga menghanguskan seluruh isi toko grosir tingkat dua tersebut, Minggu (2/8). DEDE/RAKYAT ACEH

ACEH TAMIANG (RA) – Sebuah toko grosir di kawasan Kedai Besi, Desa Kesehatan, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang ludes terbakar. Grosir rempah-rempah ini menjadi sasaran amukan sijago merah, setelah api melumat lima ruko semi permanen disebelahnya, Minggu (2/8) dini hari.

Filips, pemilik grosir di Kedai Besi itu menuturkan, dari kejadian ini keluarganya mengalami kerugian ditaksir hingga Rp700 juta. Adapun barang-barang yang terbakar berupa perabotan rumah dan barang-barang dagangan, seperti rokok, beras dan seluruh isi dalam ruko di lantai atas dan bawah habis terbakar.

“Api lebih dulu membakar lantai dua (atas), baru turun membakar semua isi ruko,” kata warga keturunan Tionghoa ini.

Pascakejadian, lanjut Filips, tidak ada lagi yang bisa dijual, semua barang di grosir itu meleleh. Saat kejadian dia mengaku berada di ruko dan belum tidur. Untungnya pria ini mendengar ada teriakan tetangga belakang ruko. Lalu Filips bergegas keluar ingin melihat apa yang sedang terjadi.

“Saya mendengar tetangga di belakang teriak-teriak, saya pikir hanya becanda saja. Ternyata ada yang tidak beres, begitu keluar sudah terjadi kebakaran, negok disamping sudah ada api besar,” ungkap Filips.

Sepengetahuan Filips, sumber api berasal dari ujung ruko yang kosong. Dia pun tidak ada kecurigaan bahwa insiden kebakaran ini faktor kesengajaan atau bukan. “Di dalam ruko kami hanya berdua. Saya dengan orang tua. Aset saya yang terbakar hanya satu ruko ini saja, selebihnya punya orang,” tukas Filips. (mag-86)