ACEH TAMIANG (RA) – Sejumlah lembaga pemerhati kehidupan sosial menyalurkan hewan kuban. Menariknya hewan kurban diantar ke desa-desa pedalaman sebagai bentuk pengorbanan dan ketaqwa-an terhadap perintah Allah SWT pada momen Idul Adha 1441 Hijriyah tahun ini.

Seperti yang dilakukan lembaga Aksi Cepat Tanggap dan Masyarakat Relawan Indonesia (ACT-MRI) Aceh Tamiang. Lembaga peduli kemanusiaan ini menyumbang sebanyak delapan ekor sapi. Sapi tersebut disebar dibeberapa kampung pedalaman yang ada di Aceh Tamiang.

“Kampung yang mendapat hewan kurban yaitu, Kampung Sulum, Kecamatan Sekerak, Tanjung Keramat, Kecamatan Bendahara, Blok 16 dan Sugai Liput, Kecamatan Kejuruan Muda , Kampung Tenggulun, Kecamatan Tenggulun, Aras Sembilan dan Batang Ara, Kecamatan Bandar Pusaka,” rinci Agus, anggota ACT dan MRI Aceh Tamiang kepada Rakyat Aceh di Karang Baru, Minggu (2/8).

Seluruh sapi kurban, menurut Agus didistribusikan menggunakan mobil bak terbuka pada Hari Raya Idul Adha 1441 H dan disembelih pada hari itu juga. “Ini merupakan program ACT untuk kampung yang kurang akan hewan kurban, terutama di kampung pedalaman Aceh Tamiang,” sebut relawan ACT asal Aceh Tamiang ini.

Sementara lembaga Green Kurban Sinergi Foundation (GKSF) menyalurkan lima ekor sapi di lima desa perdalaman di Kabupaten Gayo Lues. Lima desa tersebut tersebar di dua kecamatan yakni, Desa Lempuh, Kecamatan Blangkejeren dan empat desa lainnya berada di Kecamatan Putri Betung masing-masing, Desa Uning Pune, Putri Betung, Meloak Sepakat dan Desa Kute Lengat Sepakat.

Kordinator Green Kurban, Cut Muliyani mengatakan, pada Idul Adha 1441 H pihaknya menyumbang hewan kurban di kabupaten lain. Maka dalam pelaksanaannya hewan kurban harus diantar lebih dahulu sebelum Idul Adha tiba, mengingat medan darat yang dilalui sangat sulit.

“Karena pendistribusian hewan kurban harus melewati rute berliku di lereng pegunungan yang terjal dari Lokop Aceh Timur sampai pintu gerbang Gayo Lues,” terang Cut Muliyani didampingi sejumlah relawan GKSF lainnya.

Simbol pengorban seorang hamda kepada Allah SWT juga dilaksanakan anggota DPRK Aceh Tamiang, Samuri. Pada Idul Adha 1441 H/2020 ini politisi PNA ini menyembelih dua ekor sapi di kampungnya.

“Pemotongan hewan kurban di kediaman saya Kampung Tenggulun. Ini adalah ibadah sunnah yang menjadi wajib bagi keluarga saya selama saya mampu,” ujarnya. (mag-86)

Teks foto: Dua relawan ACT-MRI Aceh Tamiang saat menyalurkan hewan kurban menggunakan mobil pikap ke Kampung Sulum, Kecamatan Sekerak yang merupakan salah satu kampung pelosok di Aceh Tamiang pada peringatan Idul Adha 1441 H. Ist