Datok Penghulu Desa Kesehatan, Syariful Alam

ACEH TAMIANG (RA)-Satu dari enam ruko yang terbakar di Desa Kesehatan, Kecamatan Karang Baru merupakan gudang penyimpanan barang-barang aset desa. Alhasil seluruh aset desa meliputi peralatan PKK, kursi, tenda dan sarana olah raga milik pemuda hangus jadi abu.

Hal itu dikatakan datok penghulu (kades) Desa Kesehatan, Syariful Alam kepada Rakyat Aceh ketika bersama masyarakat tengah membersihakan puing-puing sisa kebakaran, Minggu (2/8).

“Kami akan kebingungan ketika ada kegiatan di kampung, tidak tahu mau pinjam peralatan kemana. Kita tidak memiliki aset desa lagi,” tambah Syariful.

Sangking banyaknya aset yang terbakar, pihak desa pun belum sempat mendatanya. “Kalau kita perincikan satu persatu belum bisa, karena bermacam ragam barang dan banyak jenisnya. Kalau kerugian mungkin sudah kami perhitungkan mencapai Rp100-150 juta,” sebut datok.

Diceritakan, posisi ruko yang dijadikan gudang aset desa nomor dua dari ujung ruko sebelah kanan. Ruko yang dipinjam pakai oleh pihak desa ini hanya untuk menyimpan aset tidak pernah dijaga. Sementara ruko yang disebelahnya juga dalam kondisi kosong.

“Yang ada penghuni hanya satu ruko pemilik grosir, lainnya kosong,” ujarnya.

Kebakaran yang terjadi pada Minggu (2/8) dini hari itu, papar datok, sedikitnya telah menghanguskan enam unit ruko, lima ruko berkonstruksi papan dan satu ruko semi permanen. Namun hanya dua ruko yang ada isinya. Satu jualan rempah-rempah dan satu lagi gudang aset desa, sementara empat ruko lagi hanya gudang kosong.

Saat nampak api mulai menjalar kebagian deretan ruko depan jalan lintas Medan-Banda Aceh, datok Syariful Alam mengaku ikut terjun memegang selang air membantu memadamkan api bersama petugas BPBD. Sementara petugas lainnya fokus padamkan api dititik enam ruko nahas tersebut.

“Insya Allah tidak ada korban jiwa. Saya berterimakasih sekalai kepada petugas pamadam kebakaran kita yang dengan susah payah berhasil memadamkan api dengan tempo yang cepat, sehingga api tidak sampai merembet ke bangunan disebelahnya,” pungkas Syariful. (mag-86)