Puskesmas Meukek adakan sosialisasi door to door di Desa Lhok Aman, tentang Perilaku Hidup Bersih dan sehat (PHBS), Rabu, (5/7).For Rakyat Aceh

TAPAKTUAN (RA) – Puskesmas Meukek adakan sosialisasi door to door di Desa Lhok Aman tentang Perilaku Hidup Bersih dan sehat (PHBS), Rabu, (5/7).

Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat merupakan sarana kesehatan yang sangat penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Peranan Puskemas hendaknya tidak hanya terpaku menjadi sarana pelayanan pengobatan dan rehabiliatif saja tetapi juga lebih ditingkatkan pada upaya promotif dan preventif di masa pandemi covid -19.

Para petugas kesehatan yang memberikan penyuluhan di Desa Lhok Aman yakni Reka Rahmi, SKM sebagai petugas Survelen, Fitriani, STR, Kes, petugas sanitasi dan Ena Susanti, Amd, Kep, petugas promosi kesehatan turut didampingi Keuchik Lhok Aman, Marzun dan perangkat desa lainnya.

Penyuluhan yang diberikan kepada masyarakat tentang pentingnya hidup bersih dan sehat agar semua masyarakat terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.

Ena Susanti petugas (Promkes) pada kesempatan itu mengajak masyarakat Lhok Aman agar menjaga lingkungan dan menciptakan lingkungan yang bersih dengan cara tidak membuang sampah sembarangan di sungai dan parit.

“Jika kita membuang sampah di dalam sungai dan parit justru kita mengundang penyakit dengan sengaja kita telah mencemari lingkungan. Untuk itu saya berharap agar sampah yang ada di setiap rumah masyarakat agar dapat dibakar atau ditanam agar kita terhindar dari penyakit,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Reka Rahmi petugas (Survelen) yang sangat aktif dalam melakukan pendataan terhadap penduduk yang mengalami penyakit menahun maupun penyakit yang dideritai saat ini.

Reka mengajak masyarakat agar dimasa pandemi covid 19 ini masyarakat harus selalu menjaga kesehatan, mencuci tangan dengan hand sanitizer, memakai masker saat keluar rumah dan kurangi bepergian jika merasa tidak penting dan mendesak.

Keuchik Lhok Aman, Marzun mengapresiasi para petugas kesehatan puskesmas Meukek dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar menerapkan perilaku hidup bersih dan Sehat.

“Saya berharap kerja sama yang baik ini dapat terjalin dengan baik agar kita sama-sama menjaga lingkungan yang bersih dan sehat,” tutupnya. (yat/rus)