Jejak kaki Harimau Sumatera. Istimewa

TAKENGON (RA) – Warga Kuyun Uken Kecamatan Celala Kabupaten Aceh Tengah, resah dengan terlihatnya tiga ekor harimau berkeliaran dikebun milik warga Desa Paya Dedep.
Ramli Umar Dani warga setempat menyebutkan, masyarakar setempat cemas karena jarak terlihatnya Raja Hutan itu berkisar 700 meter dari perkampungan warga. Tiga ekor harimau itu terdiri dari 2 induk dan satu anaknya.

“Perkiraan kami begitu, ada dua besar dan satu kecil,” kata Ramli melalui sambungan telpon kepada wartawan, Rabu (5/8).

Disampaikan Ramli, satu sapi dewasa milik masyarakat daerah itu telah dimangsa kawanan hewan pemangsa daging tersebut. Masyarakat sekitar merasa resah dengan kehadiran binatang berwarna belang itu.

“Kami sangat resah saat ini, tadi malam harimau sempat mendatangi dan memakan lagi sisa hewan tersebut,” kata Ramli.

Atas kejadian itu, masyarakat setempat takut ketika hendak pergi ke kebun. “Kita semua tau sifat harimau itu memangsa dan ditinggalkan sisanya, setelah itu diambil lagi hingga habis dan setelah habis baru hewan tersebut mencari mangsa lainnya,” kata Ramli dengan nada resah.

Ia mewakili masyarakat setempat, berharap kepada pihak terkait untuk turun tangan mengembalikan harimau itu kehabitatnya, sebelum adanya korban.

“Kami berharap ada solusi dari BKSDA aceh dan pihak terkait, sebelum adanya korban ini harus ditangani,” ujar Ramli berharap. (jur/min)