Calang (RA) – Bupati Aceh Jaya, Drs H. T. Irfan TB, meminta BKSDA Aceh serius tangani gajah liar yang sempat merusak kebun warga saat menyalurkan bantuan masa panik di Gampong Lhok Bot Kecamatan Setia Bakti Aceh Jaya, Jum’at (7/8).

Korban amukan Gajah, Marnudin (58), Kepada Rakyat Aceh, saya sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan sangat membantu kami sekeluarga, saat menghadapi musibah ini, kondisi tersebut berawal kami dirumah sekeluarga kejadian tersebut menjelang subuh, memang sejak jam 2 malam belum tidur namun kondisi tersebut kecurigaan pohon kelapa bergoyang.

Sontak saya melihat keluar rumah ada kawanan gajah kurang lebih hampir 20 ekor yang telah merusak 2 hektar lahan sawit serta tanaman pohon sereh , memang saat panen tiba ada 2 ton sekali panen sawit namun kini telah tiada dirusak kawanan gajah, kata Marnudin

Kala kejadian tersebut, “saya bersama istri dan anak memang sedang dirumah langsung menyelamatkan diri tampa menghiraukan lagi keadaan rumah, dan kini rumah telah rusak”, akibat keganasan kawanan gajah liar.

Untuk saat ini saya menempati rumah-rumah warga, namun yang sangat dibutuhkan saat ini adalah bantuan rumah karena untuk tempat tinggal bersama keluarga. Sebelumnya belum pernah ada kawanan gajah yang datang kelahan saya.

Sementara, Camat Setia Bakti, Ag Suhadi Kepada Rakyat Aceh, untuk perhitungan sementara total kerugian yang telah dihitung sementara mencapai 120 jt, memang untuk kondisi keluarga ini sangat memprihatinkan setelah lahan miliknya dirusak kawanan Gajah.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Aceh Jaya, Drs. H.T Irfan TB, meminta pihak BKSDA serius dalam menangani gajah sehingga hal serupa tidak kembali terjadi, dirinya juga telah memerintah Dinas Pertanian untuk mendata lahan-lahan yang telah dirusak gajah untuk diberi bantuan.

Selain itu, untuk korban akan dibangun rumah selter oleh pihak BPBK Aceh Jaya, dan hari ini diberikan bantuan masa panik dalam bentuk sembako dan pakaian baik maupun peralatan memasak, pungkas Irfan

Semoga keluarga yang terkena musibah, dapat tabah dalam menghadapi cobaan ini, tentu ini merupakan ujian yang tidak diduga. (Say)