Gampong Leubu Cot Fasilitasi Kitab untuk Santri

Keuchik Desa Leubu Cot, Sabri M Thaib menyerahkan kitab kuning kepada warganya yang sedang menempuh pendidikan di dayah, Minggu (9/8).

BIREUEN (RA) – Pemerintah Gampong Leubu Cot, Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen menyerahkan kitab kepada para santri yang sedang menempuh pendidikan di dayah.

Keuchik Leubu Cot, Sabri M Thaib kepada Rakyat Aceh, Minggu (9/8) mengatakan, pengadaan kitab bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2020 dan bertujuan untuk mendongkrak orang tua agar bisa mengantarkan anak-anaknya ke dayah dengan harapan tidak ada lagi keluhan wali santri kesulitan membeli kitab bagi anak mereka.

“Dengan pengadaan kitab ini, kita berharap kedepan agar lebih banyak lagi warga yang mengantarkan anak mereka untuk mondok di dayah-dayah,” ujar Sabri.

Terobosan yang dilaksanakan ini, sebut Sabri, merupakan bagian dari program dalam visi misinya sebagai keuchik dan sepenuhnya didukung oleh Tuha Peut, aparatur dan masyarakat.

”Program ini adalah bagian dari visi misi keuchik untuk membantu keluarga dan peningkatan kapasitas santri. Mudah-mudahan tahun depan program ini akan berlanjut,” ujar Keuchik Sabri yang juga ketua Apdesi Kecamatan Makmur.

Menyangkut jenis kitab, pihak gampong melakukan pengadaan bervariasi sesuai keperluan santri, seperti Bajuri, Iyanatut Thalibin, Mahalli, Ihya Ulumuddin, Tafsir Sawi, Daqaikul Akbar, Fat’ul Muin, Hadits dan beberapa kitab lainnya.

Adapun santri penerima manfaat adalah, Muhajir belajar di Dayah Darul Muarif, Banda Aceh, Nadia Safitri dayah Nurul Islam Babah Buloh. Kemudian Dayah Mudi Mesra Samalanga, Nur Fadhila, Analia, Rahmatul Hayati dan Mirawati.

Selanjutnya, Marhamah, M Kadir dan Hajirah mondok di Darussa’adah Mereubo. Sedangkan dua lainnya, Riski dan Akmal menempuh pendidikan di Darussa’adah Gampong Teungoh. (mag84/ra)