Seorang Nelayan Ditemukan Meninggal saat Melaut

Maulana/ Rakyat AcehSeorang nelayan Aceh Timur yang meninggal saat melaut dievaluasi di PPN Idi, Sabtu (8/8) malam.

IDI (RA) – Hasmiyuddin alias Apa Radak (52), nelayan asal Dusun Keude, Gampong Blang Glum, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur, ditemukan meninggal dunia saat melaut, Sabtu (8/8).

Korban ditemukan oleh nelayan Kecamatan Idi Rayeuk sekira 19 mil dari lepas pantai Kuala Idi, Aceh Timur.

Menurut keterangan dari pawang KM RAUDAH, Abdul Hakim kepada Kasat Polairud Polres Aceh Timur Iptu Zainurrusydi, pada saat itu boat korban dalam keadaan hidup dan masuk kedalam jaring pukat yang sedang dilabuh hingga boat kemudian menabrak jaring atau pukat.

Kasat Polairud Polres Aceh Timur Iptu Zainurrusydi, menjelaskan anggota piketnya memperoleh informasi adanya penemuan mayat di tengah laut yang ditemukan oleh para nelayan Kecamatan Idi Rayeuk. Atas informasi itu anggotanya berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Basarnas TNI AL, dan PPN Idi Rayeuk, untuk mengevakuasi korban.

“Saksi melihat almarhum sudah dalam keadaan posisi telungkup ke samping kiri, kemudian setelah dipastikan bahwa korban sudah meninggal dunia,” kata Iptu Zainurrusydi.

Setelah melihat itu, pawang kapal itu langsung menarik perahu pancing jenis boat oskadon yang di gunakan oleh korban. Selanjutnya jenazah almarhum dievakuasi ke TPI Kuala Idi pada pukul 00.30 WIB dan langsung disemayamkan di rumah duka.

Kebiasaan saban hari, almarhum pergi ke laut dengan menggunakan boat oskadon atau boat pancing dan korban saat pergi ke laut hanya seorang diri. Bahkan kondisi korban masih sedang menjalani berobat jalan.

Sementara informasi lain yang diperoleh dari anak kandung almarhum, Sadri (24), korban mempunyai riwayat sakit lambung dan sakit asam urat. (mol/ra)