Anggaran Pilkada KIP Banda Aceh Rp31,5 Miliar Belum Termasuk APD

Quote : Ketua KIP Kota Banda Aceh, Indra Milwady
“Namun anggran tersebut belum termasuk perlengkapan APD baik kepada petugas penyelenggara maupun pemilih.

BANDA ACEH (RA) – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh mengusulkan anggaran sebesar Rp31,5 miliar untuk menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2022 mendatang.

“Mengenai anggaran memang sudah diminta KIP Aceh, supaya KIP kabupaten/kota menyusun rancangan biaya untuk Pilkada Tahun 2022. Setahu saya Banda Aceh sudah mengajukan di akhir bulan April kemarin. Kita Rp31,5 miliar. Setahu saya juga seluruh kabupaten/kota juga telah mengajukan kepada pemko atau pemkab setempat,” kata Ketua KIP Kota Banda Aceh, Indra Milwady, Selasa (11/8).

Indra menyebutkan, pegajuan anggaran tersebut mengikuti peraturan menteri keuangan, sesuai dengan Item yang di ajukan. “Namun anggran tersebut belum termasuk perlengkapan APD baik kepada petugas penyelenggara maupun pemilih. Untuk tahapan itu, domain KIP Aceh. KIP Aceh sudah susun. Kita mengikuti KIP Aceh. “jelas Indra
Sebelumnya Ketua KIP Aceh, Samsul Bahri mengatakan, telah berkoordinasi dengan KPU RI untuk menyesuaikan tanggal pencoblosan jika ada daerah atau provinsi lain juga melaksanakan Pilkada pada 2022.

Menurutnya, pilkada di Provinsi Aceh dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2006, Pasal 65 menyebutkan, gubernur, bupati, wali kota, dan wakil dipilih dalam satu pasangan secara langsung oleh rakyat setiap lima tahun sekali melalui pemilihan yang demokratis.

“Pilkada di Aceh terakhir dilaksanakan pada 2017. Pilkada tersebut digelar serentak antara pemilihan gubernur dan wakil gubernur dengan bupati, wali kota, dan wakil di 20 dari 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh,” sebutnya (mar/min)