Bupati Abdya Akmal Ibrahim mendampingi istrinya Ida Agustina saat peusijuk Dandim baru bersama istrinya, Senin malam (10/8) di Pendopo setempat. (rahmat)

BLANGPIDIE (RA) – Dandim 0110 Abdya Letkol Czi M Ridha Has, S.T., M.T. pindah tugas ke Kota Lhokseumawe dengan jabatan baru jadi Kasrem 011/LW. Posisinya diganti Letkol Inf. Arip Subagio yang sebelumnya bertugas di Kodam Banda Aceh.

Dalam sambutan singkat Dandim yang lama, Ridha berpesan kepada Dandim baru agar kedepan terus memingkatkan kerjasama dengan para forkopimda setempat untuk terus dimajukan Kabuten yang berjulukan Breuh Sigupai kususnya dalam bidang pertanian yang bertujuan agar kedekatan dengan masyarakat lebih akrab.

“Selama saya bertugas disini, kalau ada acara tentang pertanian, tidak diundang pun saya ikut hadir,” katanya diiringi seruan tepuk tangan para undangan.

Sementara itu, Dandim 0110 Abdya yang baru diawal sambutannya memperkenalkan diri. Ia berasal dari Jawa Timur sedangkan istrinya berasal dari Kalimantan Tengah. Disamping itu, ia juga menyebutkan riwayat penugasanya sejak 2002.

“Dalam penugasan militer, pertama ditugaskan di Papua, kemudian di Kalimantan, dan selanjutnya pindah lagi ke Papua. Setelah itu, dari Papua baru ditugaskan ke Aceh. Jadi, untuk Indonesia wilayah Timur sampai dengan Sabang, kami telah menginjak,” katanya.
Disebutkan Arip, perjalanan penugasan dirinya lebih banyak menjadi tim pasukan disatuan tempur sehingga berasa jauh dengan masyarakat.

“Disini kami akan melanjutkan apa yang telah dijalan oleh pak Ridha untuk membangun daerah kususnya merakyat,” ujarnya.

Bupati Abdya Akmal Ibrahim dalam sambutannya menyebutkan, meskipun baru setahun menjabat di Abdya. Namun, mendapat kabar baik bahwa pak Ridha menjadi Kasrem.
“Saya selalu berdoa agar orang-orang yang pernah bertugas disini agar mendapat karir yang lebih baik,” tuturnya.

Disebutkan Bupati Akmal bahwa dirinya bersama Dandim lama itu sering mengikuti kenduri-kenduri sawah meskipun tak di undang.

“Hal ini bertujuan untuk menaikkan semangat para petani untuk mengkondidasi bagaimana membangun pertanian itu lebih rill dan nyata sampai level bawah,” paparnya.

Orang nomor satu di Abdya ini yang juga merupakan pecinta tani melaporkan juga kepada Dandim yang baru bahwa TNI yang ada di wilayah tersebut banyak yang terlibat dalam pertanian, mulai dari Babinsa yang sangat dekat dengan petani hingga Kejrun blang.

“Bahkan disini Koramil dan Babinsa mendapat bagian dari biaya ongkos panen dari kendaraan Pemerintah. Moga-moga pak Arip juga mendukung hal seperti itu,”ucapnya.

Disebutkan Akmal, selama ini banyak terobosan-terobosan yang suda dilakukan sehingga pertanian memdapat perhatian kusus. “Kenapa pertanian terus, karena pertanian itu merupakan langsung menyentuh dengan masyarakat, anggaran terbesar juga pertanian.

Dan dipertanian itu juga rata-rata taraf hidupnya pakir miskin,” sebutnya.
Diakhir sambutan Bupati Akmal menyebutkan bahwa Ridha merupakan Dandim tercepat yang pindah dari Abdya dan juga Dandim terbaik dalam menjalin hubungan dengan Forkopimkab.

Kemudian Akmal mengucapkan selamat datang kepada Dandim yang baru dan selamat jalan kepada damdim yang lama. “Moga-moga dapat diberikan kemudahan dan umur panjang oleh Allah SWT,” ucapnya. (mat/rus).