Rapat pemantapan akhir panitia HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan di aula Setdakab setempat, Senin (10/8). MASHURI/RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Akibat pandemi covid 19 perayaan HUT RI ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 tanggal 17 Agustus 2020 di Bener Meriah hanya akan dilaksanakan kegiatan pokok dan beberapa kegiatan tambahan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekda Bener Meriah, Drs Haili Yoga MSi, memimpin rapat pemantapan akhir panitia HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia yang diselengarakan di aula Setdakab setempat, Senin (10/8).

Sebutnya, penyelenggaraan peringatan HUT RI ke-75 akan dilaksanakan sesuai dengan surat Mensesneg Nomor B-457/M.Sesneg/Set/TU.00.04/06/2020, perihal pedoman penyelenggaraan HUT RI ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020.

“Seperti kita ketahui dan kita maklumi bersama, saat ini kita masih dalam situasi pandemi covid-19, namun sesuai arahan dalam surat dari Sekneg, maka kita juga tetap melaksanakan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 ini dengan khidmat dan mengikuti ketentuan yang berlaku,” terang Haili Yoga.

Menurutnya, pelaksanaan upacara nantinya memang tidak banyak yang turun dilapangan, namun karena sudah menjadi ketentuan, susunan kepanitiaan tetap dibentuk seperti pada umumnya dan lebih disederhanakan sesuaikan kondisi saat ini.

Ia juga meminta, agar Kabag Humas dan Kabag Hukum Setdakab Bener Meriah segara menyiapakan SK panitia ke-75 untuk secepatnya diterbitkan.

Sementara itu Dandim 0119 Bener Meriah, Letkol Inf Valyan Tatyunis menyampaikan, perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat agar pada pukul 10.17 WIB dapat mengambil sikap sempurna dan memberi hormat kepada bendera merah putih.

Ia juga berharap bagi masyarakat yang memiliki sirine agar bisa membunyikanya pada jam tersebut selama 3 menit. “Sekali lagi tolong ini disosialisasikan,” harap Dandim 0119/BM. (uri/bai)