BANDA ACEH – Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc, memenuhi janjinya pada Faisal, nelayan Aceh yang menjadi penyelamat Rohingya. Janji ini diungkapkan oleh Syech Fadhil, demikian sosok senator muda ini disapa, saat bertemu Faisal di salah satu cafe di kota Lhokseumawe, pertengahan pekan lalu.

Dimana, dalam pertemuan tadi, Faisal mengaku memiliki persoalan ekonomi dan keterbatasan biaya untuk anaknya yang akan mondok di Dayah Malikussaleh, Abu Panton.

Terkait hal ini, Syech Fadhil mengaku siap menjadi orang tua asuh dari anak Faisal, Ikram, yang akan mondok di dayah tadi. Statemen ini membuat Faisal tersentuh atas kebaikan Syech Fadhil.

Kemudian pada awal pekan ini, Syech Fadhil meminta bantuan sahabatnya, Saifannur Lc, pimpinan Pondok Tahfidz Haji Hamzah, Baktya untuk mendampingi Ikram, anak Faisal, dalam pengurusan menjadi santri di dayah Malikussaleh, Panton Labu.

“Atas permintaan Syech Fadhil, saya membantu urusan Ikram yg datang bersama ayahnya, Bang Faisal,” kata Saifannur.

“Kita bantu pengurusan adminitrasi dan juga menyerahkan bantuan untuk Ikram sebagai penyemangat di awal awal mondok,” ujarnya.

Menurut Saifannur, Faisal sendiri mengaku sangat berterimakasih pada Syech Fadhil atas kepedulian kepada keluarganya. “Semoga Ikram menjadi dai masa depan Aceh nantinya,” kata dia.

Sebagaimana yang perlu diketahui, Syech Fadhil sendiri memiliki sejumlah anak asuh di dayah dayah yang tersebar di seluruh Aceh. Mayoritas adalah anak dari pedalaman dan warga yang kurang mampu.

Kegiatan orangtua asuh ini sudah dilakoni Syech Fadhil jauh sebelum menjabat DPD RI asal Aceh. (Ra)