Rektor IAIN Langsa dan Rektor USCND Langsa sedang berbincang dalam kunjungan silaturahmi di kampus IAIN Langsa, Selasa (11/8). BAHTIAR

LANGSA (RA) – Pimpinan Universitas Sains Cut Nyak Dhien (USCND) melakukan kunjungan silaturahmi ke kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Selasa (11/8).

Kehadiran rombongan USCND yang didampingi Ketua Yayasan Cut Nyak Dhien Langsa, Ir. H. Zainal Abidin, BIE, MM itu bertujuan membangun hubungan lembaga dalam upaya peningkatan pendidikan di Kota Langsa.

Kedatangan mereka disambut langsung oleh Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri Ibrahim, MA serta para Wakil Rektor dan Kepala Biro AUAK di ruang rapat Rektor kampus setempat.

Rektor Universitas Sains Cut Nyak Dhien Langsa Ns. Edy Mulyadi, M.Kep pada kesempatan itu menyampaikan, kunjungan ini merupakan langkah awal untuk membangun hubungan dan kerjasama antar lembaga untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kota Langsa.

“Universitas Sains Cut Nyak Dhien Langsa adalah salah satu perguruan tinggi baru di Kota Langsa yang masih membutuhkan pembenahan di berbagai bidang, terutama menyangkut mutu pendidikan. Karenanya, kehadiran kami ke IAIN Langsa yang sudah berpengalaman dalam bidang ini untuk belajar terkait penguatan Tri Dharma perguruan tinggi,” sebut Edy.

Tambahnya, semoga dari kunjungan silaturahmi ini, nantinya akan melahirkan kesepahaman dan kerjasama dalam penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya di Universitas Saisn Cut Nyak Dhien Langsa.

Sementara itu, Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA mengatakan, bahwa perkembagan lembaga IAIN Langsa, mulai dari STAIN, IAIN dan wacana menuju UIN, telah melewati banyak tantangan. Hingga saat ini IAIN Langsa menjadi salah satu perguruan tinggi islam negeri andalan masyarakat di Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang.

Dirinya berharap, kerjasama yang dilakukan oleh lembaga perguruan tinggi dapat melahirkan sumber daya manusia yang handal dalam mengisi ruang publik baik ditingkat lokal, nasional dan internasional.

“Karenanya, kunjungan silaturahmi Universitas Sains Cut Nyak Dhien ke IAIN Langsa hari merupakan langkah awal untuk membangun kerjasama nantinya. Kita berharap, dengan kerjasama ini nantinya, pendidikan di Kota Langsa semakin berkualitas dan akan melahirkan SDM yang handal.” Pungkas Basri. (dai/ra)