Sekda Pantau Pelaksanaan Donor Darah di RSIA

Sekda Aceh Taqwallah, meninjau pelaksanaan donor darah di Rumah Sakit Ibu dan Anak,Banda Aceh, Rabu (12/8). (foto HUMAS PEMERINTAH ACEH)

BANDA ACEH (RA) – Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, didampingi Direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak, Nyak Rinda, meninjau pelaksanaan donor darah di instansi tersebut, Rabu (12/8).

Secara terpisah, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto menjelaskan, pada donor darah tahap kedua ini, RSIA berhasil mengumpulkan darah sebanyak 40 kantong. Dengan tambahan tersebut, saat ini ASN Pemerintah Aceh secara keseluruhantelah mengumpulkan darah sebanyak 3.600 kantong.

“Secara keseluruhan, ASN Pemerintah Aceh telah mengumpulkan darah sebanyak 3.600 kantong. Hingga kemarin sudah terkumpul 3.560 kantong, ditambah 40 kantong hari ini, maka secara keseluruhan sudah terkumpul 3.600 kantong darah,” ujar Iswanto.

Untuk diketahui bersama, aksi donor darah ASN Pemerintah Aceh yang digagas oleh Plt Gubernur Aceh ini telah menjadi agenda rutin. Secara bergantian, masing-masing Satuan Kerja Perangkat Aceh akan mendapatkan giliran donor darah.

“Pak Sekda akan selalu memantau, baik secara langsung maupun tak langsung terkait pekembangan kegiatan ini. Donor darah ASN yang telah menjadi agenda rutin ini adalah bentuk kepedulian Pemerintah Aceh dalam mengatasi kekurangan darah di Aceh, terlebih di masa pandemic Covid-19 ini. Semoga langkah kecil ini akan menginsprasi masyarakat untuk tetap rajin mendonorkan darahnya secara sukarela dalam membantu sesam,” kata Iswanto.

Dalam kesempatan tersebut, mantan kabag Humas Aceh Besar itu juga mengimbau seluruh masyarakat untuk secara bersama mendukung upaya pemerintah mencegah dan menekan penyebaran Cvid-19 dengan selalu menjalankan protokol kesehatan secara disiplin.

“Di masa pandemi ini, mari kita tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin. Selalu menjaga jarak, mengenakan masker, rajin mencuci tangan pakai sabun serta memperkuat imun tubuh dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Insya Allah, dengan kebersamaan, maka upaya menekan Covid-19 ini akan berhasil kita lakukan,” Imbau Iswanto.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Banda Aceh Qamaruzzaman menjelaskan, PMI akan selalu siap melakukan donor darah, baik kepada ASN maupun masyarakat Aceh lainnya. Nantinya, seluruh darah yang terkumpul di PMI Kota Banda Aceh akan disalurkan bagi kepentingan medis di sejumlah Rumah Sakit di Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar dan sekitarnya. (ril/min)