Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NASIONAL · 14 Aug 2020 10:50 WIB ·

Ssttt… Ini Deretan Nama Calon Kuat Kapolri Pengganti Jenderal Idham Azis


 Logo Tribrata Polri di topi polisi. Foto/ilustrasi: dok.JPNN.com Perbesar

Logo Tribrata Polri di topi polisi. Foto/ilustrasi: dok.JPNN.com

.com, JAKARTA – Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan menyebut sejumlah nama yang berpeluang menggantikan Jenderal (Pol) Idham Azis di kursi Kapolri.

Idham yang resmi menjadi Kapolri pada 1 November 2019, bakal memasuki usia pensiun pada akhir Januari 2021. Menurut Edi, ada syarat khusus bagi calon Kapolri sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri. Syarat khusus itu mengenai pangkat calon Kapolri yang harus sudah komisaris jenderal (komjen).

“Jadi, selama belum bintang tiga (komjen, red), secara otomatis tidak bisa menjadi calon Kapolri,” ujar Edi kepada jpnn.com, Jumat (14/8).

“Jadi, selama belum bintang tiga (komjen, red), secara otomatis tidak bisa menjadi calon Kapolri,” ujar Edi kepada jpnn.com, Jumat (14/8).

Mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) itu lantas memerinci para perwira Polri berpangkat komjen. Di antaranya adalah Gatot Eddy Pramono (Wakapolri), Agus Andrianto (kepala Baharkam Polri), Listyo Sigit Prabowo (kepala Bareskrim Polri), Rycko Amelza Dahniel (kepala Baintelkam Polri), Agung Budi Maryoto (Irwasum Polri), serta Arief Sulistyanto (kepala Lemdiklat Polri). Selain itu, ada pula polisi berpangkat komjen yang tengah berkiprah di luar Polri. Keduanya adalah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Heru Winarko.

“Saya kira nama-nama di atas merupakan calon-calon terbaik, tetapi itu semua tergantung pada presiden. Yang pasti harus ada chemistry antara Kapolri dengan presiden,” ucapnya. Siapa calon kuat di antara nama-nama yang ada? Mantan wartawan yang kini mengajar hukum tindak pidana terorisme di Universitas Bhayangkara Jakarta itu menyebut semua nama merupakan calon kuat.

“Saya kira semua memiliki kelebihan dan kekurangan. Selain itu, calon Kapolri saya kira tidak bisa dilihat dari usia muda atau bukan. Kalau dia muda dan mampu, sangat pantas menjadi calon Kapolri,” pungkas Edi.(gir/jpnn)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Buka Bersama Pengurus TIM, Pemerintah Aceh Minta Masyarakat Aceh di Jakarta Tetap Harmonis, Satu Kata dan Satu Tujuan.

29 March 2024 - 21:23 WIB

Peminat Alat Kontrasepsi di Simeulue Meningkat

29 March 2024 - 21:20 WIB

Komnas HAM: Pemerintah Harus Jaga Tulang Belulang di Rumoh Geudong Korban Pelanggaran HAM di Aceh

29 March 2024 - 16:32 WIB

YARA Ajukan Permintaan Dokumen Pengelolaan Parkir Dishub dan RSUD Subulussalam

29 March 2024 - 15:34 WIB

Launching Berkah PLN Mobile, Pelanggan PLN di Aceh Bisa Mendapatkan Hadiah Umrah

29 March 2024 - 14:59 WIB

Bagaimana Hukum Mengerjakan Sholat Tarawih Tapi Belum Sholat Isya? Simak Penjelasannya!

29 March 2024 - 14:48 WIB

Trending di KHAZANAH