Diduga Akibat Arus Pendek Listrik Satu Rumah Semi Permanen Terbakar di Tamiang

Warga berkerumum menyaksikan inseden kebakaran yang menghanguskan rumah Haji Rusli di Desa Tanjung Karang, Karang Baru yang tengah dipadamkan oleh petugas Damkar BPBD Atam dari bagian depan, Sabtu (15/8). DEDE/RAKYAT ACEH
ACEH TAMIANG (RA) – Satu unit rumah semi permanen di Dusun Masjid, Desa Tanjung Karang, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang hangus terbakar, Sabtu (15/8) sekitar pukul 13.30 WIB.
Pantauan Rakyat Aceh, sebelum petugas datang  warga sempat berupaya menyiram api secara manual. Api dengan cepat menghanguskan bagian belakang rumah yang berkonstruksi papan dan beton separuh itu. Ketika sijago merah mulai merembet ke arah depan, petugas BPBD Aceh Tamiang datang langsung menjinakkan api.
“Tidak semua bangunan rumah terbakar. Sekitar 30 menit api sudah berhasil kita padamkan,” kata Kalak BPBD Aceh Tamiang, Syahri dilokasi kejadian.
Menurutnya, kejadian kebakaran sekitar pukul 13.30 WIB. Dalam insiden ini BPBD Aceh Tamiang mengerahkan enam mobil Damkar ke lokasi terdiri dari empat water canon dan dua mobil tanki berisi air. Saat kejadian rumah model zaman itu dalam keadaan kosong ditinggal pergi pemiliknya. Dugaan sementara sumber api akibat arus pendek listrik.
“Rumah yang terbakar milik Haji Rusli (67). Saat kejadian rumah itu kosong, penghuninya sedang pergi ke Serway,” ungkap Syahri.
Sejauh ini pihak BPBD Atam belum mengetahui berapa kerugian materil yang dialami korban kebakaran. Tapi Syahri memastikan sejumlah barang berharga berhasil diselamatkan dibawa keluar oleh petugas dibantu warga sebelum api membesar. “Ada dua unit mobil di belakang tidak sampai terbakar,” ujarnya.
Datok penghulu Desa Tanjung Karang, Amiruddin membenarkan, saat kejadian rumah dalam keadaan kosong. Warganya Haji Rusli ini diketahui memiliki dua rumah di Tanjung Karang. Pihaknya menerima informasi H Rusli sedang berada di rumah satu lagi saat kebakaran berlangsung.
Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran yang terjadi disiang bolong itu. Namun bagian belakang rumah beserta perabotannya hangus terbakar. “Dugaan kuat akibat arus pendek listrik, karena ada kipas angin hidup dalam rumah itu,” kata datok. (mag86)