225 Napi Terima Remisi Kemerdekaan

Kalapas Kelas II B Langsa menyaksikan penyerahan SK remisi secara simbolis di lapas setempat, Senin (17/8). Bachtiar/Rakyat Aceh

LANGSA (RA) – Sebanyak 225 orang Napi Kelas II B Langsa, menerima remisi kemerdekaan HUT RI 75 tahun 2020. Lima orang diantaranya mendapatkan remisi umum langsung bebas dan 20 orang napi lainnya bebas asimilasi mandiri, Senin (17/8).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Langsa Said Mahdar mengatakan, pengurangan masa hukuman (Remisi) ini berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor PAS-958.PK.01.01.02 2020 tentang Pemberian Remisi Umum (RU) Umum 17 Agustus Tahun 2020 kepada narapidana terkait dengan Pasal 34a Ayat (1) peraturan Pemerintah nomor 99 tahun 2012 Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

“Lima orang yang mendapatkan Remisi Umum (RU II) langsung bebas, masih harus menjalani sisa subsider, sementara 20 orang bebas asimilasi mandiri langsung. Pemberian remisi ini usai upacara 17 Agustus yang dilakukan secara virtual, bersama Bapak Menteri Hukum dan HAM RI dan Bapak Dirjen PAS,” sebut Said.

Dijelaskannya, berdasarkan arahan Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly, warga binaan pemasyarakatan merupakan bagian dari warga negara yang memiliki hak-hak yang harus di hormati dan di penuhi, salah satunya adalah hak mendapatkan remisi.

Lanjutnya, karenanya dalam momentum HUT kemerdekaan ini para warga binaan yang memenuhi syarat dan ketentuan layak mendapatkan pengurangan masa hukuman.

“Kepada seluruh warga binaan yang belum mendapatkan Remisi, diharapkan bersabar dan terus berperan aktif dalam mengikuti segala bentuk program pembinaan, mematuhi aturan hukum dan mematuhi tata tertib di Lapas, sehingga dapat menjadi bekal mental positif saat kembali ke masyarakat nantinya,” demikian Said. (dai/rif)