RAT Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Kaloy

Remaja Aceh Tamiang (RAT) meggelar upacara bendera Merah Putih pada peringatan HUT RI ke-75 tahun di puncak Desa Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu, sebagai bentuk menuangkan rasa nasionalisme di Hari Kemerdekaan tersebut, (17/8).IST/RAKYAT ACEH

ACEH TAMIANG (RA) – Remaja Aceh Tamiang (RAT) mengibarkan bendera Merah Putih di dataran tinggi Desa Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu, Aceh Tamiang pada 17 Agustus 2020.

Sekumpulan anak muda ini juga melakukan bakti sosial (baksos) memungut sampah di aliran sungai objek wisata alam Bukit Kapur, Kaloy. Semua itu mereka lakukan untuk memupuk rasa nasionalisme 75 tahun Indonesia merdeka sekaligus mempromosikan objek wisata yang ada di daerah itu.

“Kami tertarik menggelar upacara Sang Saka Merah Putih di puncak Kaloy, karena lokasi itu sebagai tempat wisata alam. Setelah kibarkan bendera kita lanjut melakukan baksos mengutip sampah di lokasi objek wisata Bukit Kapur,” kata Ketua RAT, Siska Amelia,kepada Rakyat Aceh, Senin (17/8).

Pengibaran bendera di puncak Desa Kaloy, ujar Siska melibatkan 28 orang remaja. Sebagian dari mereka berstatus pelajar SMA dan mahasiswa. Selama upacara berlangsung RAT tetap mengikuti anjuran protokol kesehatan Covid-19, seperti pakai masker dan jaga jarak. Adapun tingkat kesulitan yang dialami remaja berjiwa patriot ini yaitu, mendaki jalan terjal menuju puncak untuk menggelar prosesi upacara bendera.

“Jalan untuk sampai ke puncak Kaloy itu agak terjal. Tapi biar bagaimanapun merah putih harus tetap berkibar,” imbuhnya.

Pesan utama dari kegiatan itu, menurut Siska untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dikalangan remaja dan menjual keindahan objek wisata Bukit Kapur yang menyajikan pemandian air hangat. “Baksos kita di aliran sungai itu mengutip sampah pelastik sisa-sisa bungkus makanan dari pengunjung yang datang, karena di lokasi itu belum disediakan tempat sampah,” ucapnya.

Siska menambahkan, setiap hari libur pemandian Bukit Kapur di Kecamatan Tamiang Hulu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar Aceh Tamiang, sehingga layak dipromosikan seperti objek wisata lainnya di Aceh Tamiang. RAT yang dibentuk sejak 5 Mei 2019 ini selalu aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial dan konsen sebagai komunitas remaja pemerhati lingkungan alam sekitar.

Pembina RAT, Alhafiz Zulamri mengatakan, pengibaran bendera Merah Putih di puncak Kaloy dalam rangka perayaan Dirgahayu ke-75 Republik Indonesia. Kegiatan ini dilakukan untuk menuangkan rasa nasionalisme dari remaja Aceh Tamiang yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2020.

“Sementara bakti sosial yang dilakukan di hari yang sama, bertujuan untuk memberi contoh kepada para pengunjung wisata khususnya di Aceh Tamiang agar tetap menjaga alam dengan semestinya.” Pungkas Amri. (mag86/ra)