Pemerintah Menyediakan Anggaran Tahap Awal 4 Milyar, Untuk Lahan Kombatan Ex Gam

Calang (RA) – Pemerintah Aceh Jaya menyediakan dalam meningkatkan perekonomian ex Kombatan Gam telah menyediakan anggaran senilai 4 Milyar mulai berjalan tahun ini.

Hal tersebut, dikatakan, Kepala Bapeda Aceh Jaya, Hendri Kusnadi saat ditemui Harian Rakyat Aceh di Kantor Bapeda setempat, Rabu (19/8) Sore.

Memang saat ini Bupati bersama Wakil Bupati sangat berkomitmen memperjuangkan lahan bagi mantan Kombatan Gam, Napol, Tapol serta korban konflik serta turut adanya dukungan dari DPRK.

Untuk tahun ini, direncanakan di APBK-P direncanakan akan dikucurkan anggaran senilai 4 Milyar, program tahap awal tersebut akan dilakukan terobosan jalan baru di lokasi yang telah ditentukan dikawasan Krueng Sabee dan Setia Bakti dan lingkeliring seluas 100 hektar.

Untuk terobosan jalan baru nantinya akan menghabiskan anggaran senilai 3 Milyar, sementara untuk lahan baru anggaran yang telah direncanakan untuk tahap awal 1 Milyar, Pungkas Hendri

Namun sejak dari awal, “lahan diperuntukan terutama bagi yang memang ada niat bertani untuk tahap awal”. Untuk hamparan lahan yang tersedia berjumlah 29000 Hektar dikawasan tersebut.

Program yang telah direncanakan merupakan program jangka panjang, “nantinya termasuk akan dibangun rumah selter, hingga progres yang direncanakan wisata agrowisata pertanian di kawasan tersebut”. Kata Hendri

Hendri menuturkan, lahan diperuntukan yang telah direncanakan bersama, untuk penanaman dilahan yang telah direncanakan. “Perkebunan kopi Robusta, Durian, jengkol, dan peternakan kambing lokal”. (say)