Pemkab Bireuen Peringatan 1 Muharram

SAMBUTAN- Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH., M.Si., memberikan sambutan dalam kegiatan peringatan menyambut Tahun baru Islam 1 Muharram 1442 H/2020 M di Pendopo Bupati Bireuen, Rabu, (19/8) malam. AKHYAR RIZKI/RAKYAT ACEH

BIREUEN (RA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen melalui Dinas Syariat Islam Bireuen menggelar kegiatan peringatan menyambut Tahun baru Islam 1 Muharram 1442 H/2020 M di Pendopo Bupati Bireuen, Rabu, (19/8) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH, M. Si, beserta istri, Sekda Bireuen, Ir H Zulkifli SP beserta istri, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen beserta Istri dan Lembaga Keistimewaan Aceh dalam Kabupaten Bireuen beserta Istri.

Kepala Dinas Syariat Islam Bireuen, Anwar S.Ag. M.A.P melaporkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam suasana new normal covid-19, sehingga seluruh rangkaian kegiatan harus disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Kegiatan rutin tahunan ini, sebut Anwar, merupakan bagian dari program PHBI, biasanya dilaksanakan di Mesjid Agung Sultan Jeumpa Bireuen. Sementara mengingat masa pandemi, tahun ini kita laksanakan di Pondopo Bupati Bireuen dalam jumlah undangan yang sangat terbatas. “Maksud dari kegiatan ini adalah untuk mengenang kembali perjuangan Rasulullah yang cukup heroik, sehingga harus hijrah dari Mekkah ke Madinah.

Dikatakan Anwar, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah, ingin mengajak seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Bireuen untuk hijrah berikhtiar menuju nuansa syariat islam. “Inilah tema yang kita siapkan untuk kegiatan ini, sehingga ke depan Bireuen menjadi Kabupaten yang menjunjung tinggi pelaksanaan syariat Islam secara kaffah,” kata Kadis Syariat Islam Bireuen.

Sementara itu, Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH, M. Si, dalam arahanya menyampaikan, peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H, bertujuan untuk mempererat tali ukhuwwah Islamiyah.

Bulan Muharram, sebut Muzakkar, merupakan permulaan bulan yang mulia dan terpuji. Rasulullah sendiri menyebutkan bahwa bulan muharram adalah bulan Allah. Oleh sebab itu, dalam menyambut tahun baru hijriyah ini, marilah kita tingkatkan amal kebaikan kita.

Pergantian tahun baru Islam (Hijriyah), harus menjadi momen umat Muslim bertafakur dan mensyukuri atas segala nikmat yang telah Allah SWT berikan. Sebagai rasa syukur, awali tahun baru Islam ini dengan melakukan banyak kebaikan. “Mari mendekatkan diri kepada Allah, memperbanyak sedekah, serta mematuhi protokol kesehatan terkait pencegahan dalam rangka memberantas Covid-19,” sebut Muzakkar A Gani.

Dikatakan, ASN harus menjadi contoh dan garda terdepan penegakan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan di era tatanan normal baru. “Marilah kita bersatu padu bahu-membahu menghadapi tantangan yang sangat berat dalam mengantisipasi dan menangani wabah Covid-19 ini, yang menimbulkan dampak yang luar biasa terhadap aspek sosial dan ekonomi masyarakat di Kabupaten Bireuen,” sebut bupati Bireuen itu. (akh/arm)