Tanggul Irigasi Jebol Ratusan Hektare Sawah Terancam Kekeringan

Tanggul irigasi Krueng Pantoe jebol akibat diterjang banjir. (rahmat).

BLANGPIDIE (RA) – Ratusan hektare lahan pertanian di kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Abdya, terancam kekeringan akibat jebolnya tanggul irigasi di Sungai Krueng Pantoe kecamatan setempat.

Keucik desa setempat Mawardi Adaf, Selasa (25/8) menyebutkan, jebolnya bendungan irigasi tersebut karena debit air yang terus meningkat akibat intensitas hujan yang cukup sejak beberapa hari terakhir.

“Air sungai ini selalu meluap jika sudah turun hujan, apalagi intensitas hujan tinggi sehingga arus sungai sangat deras, sehingga mengakibatkan tanggul irigasi rusak, akibat tidak mampu menampun air,” katanya.

Selain itu, katanya, debit air yang tinggi saat terjadinya hujan juga mengikis tebing sehingga tanaman dan kebun masyarakat sekitar terancam amblas kedalam sungai bila sewaktu-waktu terjadi hujan lagi.

Disebutkan Mawardi, sebelumnya sudah pernah dibangun tanggul darurat oleh pihak BPBK, namun tidak bertahan lama karena tidak mampu menahan air.

“Akibat dari perstiwa itu, abrasi juga sudah mengambil sebagian tanah warga,” sebutnya.
Secara terpisah, Kepala Dinas PUPR melalui kabid pengairan, Sabri mengatakan, irigasi itu sudah memang diusulkan pada anggaran tahun 2021 nanti dan juga sudah di survey oleh petugas.

“Sudah kita usulkan untuk bangun baru irigasi dengan besaran anggaran sebesar 1,2 milyar,” katanya singkat. (mat/rus).