Empat Madrasah Ditetapkan jadi MA Plus Keterampilan

Rakyat Aceh

BANDA ACEH (RA) – Empat Madrasah Aliyah (MA) di Aceh ditetapkan sebagai MA Plus Keterampilan 2020 oleh Kementerian Agama RI.

Keempat madrasah di Aceh yang ditetapkan itu yakni, MAN 1 Langsa, MAN 1 Aceh Utara, MAN 3 Kota Banda Aceh dan MAS Seunuddon Aceh Utara.

Penetapan tersebut berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2851 Tahun 2020 Tentang Penetapan Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Tahun 2020 tertanggal 30 Mei 2020.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg, memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terpilihnya 4 madrasah di Aceh sebagai MA Plus Keterampilan.

“Selamat atas penetapan 4 MA sebagai Madrasah Plus Keterampilan dengan SK Dirjen Pendis. Semoga madrasah ini mampu menghadirkan pendidikan vokasi di Serambi Mekkah,” ucapnya, Rabu (26/8).

Iqbal mengatakan, empat madrasah ini terpilih karena dianggap mampu dan punya kapasitas menyelenggarakan pendidikan vokasi di Indonesia.

“Ini menjadi penting dalam upaya meningkatkan mutu, daya saing dan relevansi pendidikan madrasah dengan dunia kerja, maka perlu diselenggarakan pendidikan vokasi,” katanya.

Sebagaimana keputusan Dirjen Pendis tersebut, madrasah yang ditetapkan sebagai MA Plus Keterampilan harus mampu menyelenggarakan dan mengembangkan keterampilan mulai tahun pelajaran 2020/2021.

Keterampilan yang dimaksud kata Iqbal, seperti halnya pengajaran teknik otomotif, elektronika, tata busana dan lain sebagainya sesuai dengan keterampilan masing-masing madrasah.

“Ini akan dilakukan evaluasi penyelenggaraannya secara berkala oleh Direktorat KSKK Madrasah,” ujarnya.

Sementara Plt Kabid Pendidikan Madrasah, H Zulkifli SAg MPd mengatakan bahwa keempat madrasah tersebut dipandang layak dan memenuhi syarat sebagai MA plus Nasional.
“Semoga penghargaan dan pengakuan yang membanggakan ini, dapat terus dipertahankan, dan berjalan dengan baik hingga evaluasi,” katanya. (icm/bai)