Kadis PU Perkim: Kota Sigli Masih Kumuh

Rakyat Aceh

SIGLI (RA)- Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemukiman dan Perumahan (PUPR) Pidie, H Muhammad Adam ST MM mengungkapkan di tahun 2021 mendatang Kotaku akan mengucurkan proyek senilai Rp20 miliar.

Dana sebesar itu, diprogramkan untuk keindahan kawasan sungai dari jembatan Krueng Tukah hingga ke jembatan Benteng Kota Sigli, atau sepanjang hampir 2 kilometer.

Kawasan tepi sungai tersebut sudah cukup kumuh dengan beragam bangunan liar, sehingga melahirkan kesan Kota Sigli, sangat kumuh perlu dilakukan penertiban.
Jalan sepanjang tepi sungai tersebut, sebut Muhammad Adam, kepada Rakyat Aceh, Rabu (26/8), sangat menguntungkan dalam upaya keindahan Kota Sigli, disamping penghijauan.

Diakuinya, tidak hanya selepas Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Baro dikawasan Kota Sigli, kumuh dan penuh semak belukar juga perkotaan dan taman kota perlu dibangun kembali.

Lebih lanjut, papar Kadis PUPR ini, kehadiran proyek Kotaku sangat membantu atau mendukung program pembangunan gampong bidang ekonomi, sosial dan lingkungan bersih dan nyaman.

Di bidang ekonomi, sebutnya Kotaku membantu mengfalitasi kerajinan tangan masyarakat pendesaan, di bidang sosial membantu kepedulian pedagang lemah.

Seterusnya, di bidang kelestarian lingkungan membangun sarana air bersih, WC serta membangun jalan desa (gampong) yang belum tersentuh.

Disinggung bisik bisik dengan Bupati Abusyiek, HM Adam mengatakan hal biasa menyangkut berbagai pembangunan yang menyentuh masyarakat banyak bukan keluhan soal dana operasional kantor. (mag85/ra)