Terpapar Pasien Reaktif Covid-19 IGD RSUD Langsa Ditutup 2 Jam

Jubir Satgas Covid19 Kota Langsa, Yanis Prianto

LANGSA (RA) – Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Langsa sempat ditutup selama dua jam, setelah terpapar pasien reaktif Covid-19, Kamis (27/8).
“Kita tutup 2 jam untuk sterilisasi,” kata Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kota Langsa, Yanis Prianto, kepada Rakyat Aceh, Kamis (27/8).

Diungkapkan, kasus ini berawal saat ada pasien indikasi covid reaktif masuk IGD umum. Namun pasien tersebut sekarang sudah dirawat di ruang rawat non tekanan negatif.

Untuk itu, dirinya meminta masyarakat jangan panik, kalau ada pasien darurat troumatologi dan neurologi akan langsung dialihkan ke rumah sakit terdekat.

Sedangkan bagi pasien infeksi, boleh melalui IGD Penyakit Infeksi Emerging (PIE). Sekitar pukul 15.00 WIB, IGD kembali dibuka untuk umum.

Menyikapi masih maraknya kasus Covid-19 di sejumlah daerah di Aceh, dirinya mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, dengan selalu memakai masker saat keluar rumah, jaga jarak aman dan cuci tangan dengan sabun.

Lebih lanjut disampaikan, update data Covid -19 Kota Langsa sampai Kamis (27/8), pelaku perjalanan dari wilayah terjangkit (P2DT) sebanyak 8 orang, dan orang tanpa gejala (OTG) 35 orang.

Sedangkan untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) kosong, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 16 orang. Sementara positif Covid-19 ada 10 orang dan sembuh 13 orang. (ris/ra)