Raih Juara Tingkat Regional Aceh, Tim Debat Umuslim Lolos Tingkat Nasional

BIREUEN (RA) – Tim Debat Universitas Almuslim Umuslim) yang dibina Ratna Walis, S.Pd dan dibimbing Nafsul Muthmainnah selaku debater nasional dari Universitas Almuslim (Umuslim) meraih juara tingkat Regional Aceh dalam rangka seleksi Kompetisi Debat Mahasiswa Nasional (KDMI) antar perguruan tinggi se-Indonesia yang diadakan oleh Kemenristekdikti.

Kompetisi tersebut sudah terlaksana pada 24 Agustus 2020 lalu dengan cara mengirimkan video melalui Youtube. Penyeleksian secara daring dilakukan mengingat masa pandemi covid-19 yang melanda seluruh penjuru dunia.

Hal ini disampaikan Presiden Mahasiswa (Presma) Universitas Almuslim, Muhammad Dian kepada Rakyat Aceh, Minggu (30/8).

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI), sebut Dian, merupakan lomba debat tingkat Nasional yang menggunakan Bahasa Indonesia untuk menetapkan pola pembinaan mahasiswa serta memberi wadah berkembangan potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, terampil, kompeten dan berbudaya.

Menurutnya, mahasiswa dituntut untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis dan berkomunikasi, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa dan budaya. KDMI mampu mendorong mahasiswa tidak hanya mampu mengungkapkan ide dalam bahasa Indonesia. Di dalam debat, mahasiswa akan dihadapkan pada persoalan-persoalan nyata yang dihadapi suatu masyarakat atau bangsa.

“Seleksi tingkat regional ini diikuti oleh 113 peserta dari seluruh perguruan tinggi se-Indonesia dan hanya 2 perguruan tinggi saja yang akan dikirim ke tingkat nasional dari setiap regional,” ujar Dian.

Tim debat Universitas Almuslim terdiri dari Muhammad Achdan Tharis dari Prodi Hubungan Internasional sebagai pembicara 1, Raihan Hayati, dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebagai Pembicara 2, dan pembicara 3, Akhsani Taqwim dari Prodi Hubungan Internasional.

Persiapan tim dalam mengikuti kompetisi ini dilakukan hampir satu bulan mulai dari seleksi Jurusan, Fakultas hingga ke Universitas. Kemudian, dilanjutkan dengan latihan intensif dalam 2 pekan setiap hari yang di prakarsai oleh Umuslim Debating Society (UDS). Selanjutnya tim debat Universitas Almuslim akan mewakili regional Aceh untuk bertanding ditingkat nasional pada bulan September 2020 yang tetap dilakukan melalui Virtual. (akh/arm)