Serma Natra menyemprotkan pestisida untuk mencegah hama ulat di lahan persawahan milik Asmaun, di Desa Bukit Paya, Kecamatan. Manyak payed, Aceh Tamiang, Senin (31/8). (ist)

ACEH TAMIANG (RA) – Personel TNI dari Koramil Manyak Payed, Serma Natra, membantu petani menyemprotkan pestisida untuk mencegah hama ulat penggerek batang serta jenis hama lainnya di lahan milik petani Desa Bukit Paya, Kecamatan Manyak payed, Aceh Tamiang, Senin (31/8).

Serma Natra mengatakan, dirinya membantu warga mencegah hama ulat dan wereng coklat dan juga menganjurkan untuk pengeringan sawah pada waktunya, sehingga semua predator juga akan membantu para petani memangsa telor keong mas, wereng coklat, ulat penggerek batang dan memangsa hama Iain.

Menurutnya penyemprotan ini untuk mengantisipasi hama ulat pengulung daun maupun wereng, selain itu juga untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput ilalang yang bakal tumbuh di sekitar padi,

Selain itu, sebagai Babinsa bersama kelompok tani dia juga lakukan sosialisasi mengajak para petani proaktif menaggulangi serangan hama ulat pengulung daun maupun hama tanaman yang lainnya seperti tikus dan wereng sebagai antisipasi hama menyerang tanaman padi. Dia juga menghimbau para petani untuk penyemprotan secara serentak guna mengendalikan serangan hama.

Pemilik lahan sawah Asmaun mengatakan, mereka selalu berkoordinasi dengang Babinsa dan PPL apa bila ada tanaman padi yang kurang baik pertumbuhanya, sehinga petunjuk dari Babinsa dan PPL untuk dilakukan Penyemprotan atau pemupukan, agar perkembangan padi menjadi lebih baik dan diharapkan hasil yang di capai sesuai dengan harapan dan bisa mendukung ketahanan pangan. (urd/ra)