Sarasehan Forum Keserasian Sosial Cinta Damai Diresmikan

Acara peresmian sarasehan forum keserasian sosial cinta damai, Kampung Cinta Damai, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah, Senin (7/9). MASHURI/RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Seketaris daerah (Sekda) Kabupaten Bener Meriah, Drs Haili Yoga MSi, kembali meresmikan sarasehan forum keserasian sosial cinta damai, Kampung Cinta Damai, Kecamatan Wih Pesam, Senin (7/9).

Kepala Dinas Sosial Bener Meriah, Almanar dalam kesempatan tersebut menyampaikan, tujuan kegiatan sarasehan untuk menciptakan suatu tatanan kehidupan sosial yang serasi dan harmonis sehingga dapat membangun, memantapkan dan mengembangkan serta memelihara kembali bersama diantara anggota masyarakat Kampung Cinta Damai.

Sebutnya, program keserasian sosial ini merupakan program dari Kementrian Sosial RI dalam penangan masalah konflik sosial yang bersumber dari anggran APBN, dengan sasaran daerah rawan bencana sosial (potensi konflik tinggi) baik secara individu maupun sosial atau daerah yang pernah mengalami bencana sosial.

untuk itu, ia berharap dengan di bentuknya forum keserasian sosial di Kampung Cinta Damai sesuai dengan tujuan awal yaitu sebagai potensi sumber daya di desa yang merupakan pelopor-pelopor perdamaian yang memiliki tugas dan tangungjawab membangun perdamain pada tingkat Kampung.

Adapun bentuk bantuan program kegiatan keserasian sosial berupa uang tunai untuk pembangunan fisik sarana air bersih sesuai dengan yang disetujui oleh Kementerian Sosial RI. “Melalui pembangunan sarana air bersih mari tingkatkan rasa kepedulian serta gotong royong yang menjadi salah satu warisan dari pendahulu kita, juga sesuai dengan nama kampung cinta damai, ciptaan, indah, nama tempat dengan agama masyarkat, aman dan islami,“ ajak Kadis Sosial.

Sementara itu, Sekda Bener Meriah, Drs Haili Yoga MSi menyampaikan, kegiatan seperti perlu diapresiasi dalam kehidupan bermasyarakat sebab, gotong royong merupakan budaya leluhur yang hampir punah di tengah-tengah masyarakat.

“Melalui kegiatan seperti ini, diharapkan semangat gotong royong itu kembali tumbuh dan selalu mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan setiap masalah yang terjadi di Kampung,“ Harapnya Haili Yoga.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kabupaten Bener Meriah memiliki dua kampung yang menerima bantuan uang tunai sejumlah Rp150 juta dari Kementerian Sosial untuk pembangunan fisik melalui program sarasehan forum keserasian sosial antara Kampung Godang di Kecamatan Bukit dan Kampung Cinta Damai, Kecamatan Wih Pesam. (uri/bai)