Wing III Paskhas Gelar Latihan di Lanud SIM

IST/RAKYAT ACEH Prajurit Paskhas Khususnya jajaran Wing III Paskhas berlatih demi menjaga kemampuan dan ketrampilan dalam bertempur seorang prajurit di Lanud Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar.

ACEH BESAR (RA) – Meski covid-19 yang tak kunjung usai tidak menyurutkan niat dan semangat prajurit Paskhas Khususnya jajaran Wing III Paskhas untuk tetap berlatih demi menjaga kemampuan dan ketrampilan dalam bertempur seorang prajurit.

Combine dua latihan TNI AU yakni Jalaksakti Koopsau 1 dan Latihan Hardha Marutha III yang merupakan latihan puncak jajaran Wing III Paskhas yang melibatkan pasukan dari Batalyon 469 Paskhas Medan, Batalyon 462 Paskhas Pekanbaru, Batalyon 465 Paskhas Pontianak dan Denhanud 473 Paskhas Pontianak, setelah sebelumnya dilaksanakan latihan tingkat perorangan, regu, Kompi dan Batalyon.

Kedua latihan TNI AU ini mengusung konsep Operasi militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Bertempat di Lanud Sultan Iskandar Muda, latihan Jalaksakti Koopsau 1 mengusung konsep Operasi Militer Selain Perang (OMSP), dimana dalam latihan ini ratusan prajurit Wing III Paskhas yang dipimpin langsung oleh Danyonko 469 Paskhas, Letkol Pasukan Agus Yoga Permana, diterjunkan baik menggunakan parasut free fall, parasut statik dan sar Kemanusiaan (Fastrope menggunakan Hely) dengan asumsi untuk melaksanakan misi kemanusiaan di wilayah terdampak bencana.

Setelah misi Operasi Militer Selain Perang (OMSP) selesai dilanjutkan latihan Hardha Marutha III yang mengusung konsep Operasi Militer Perang (OMP) yakni Taktik Tempur Darat diantaranya patroli kendaraan, patroli jarak jauh menuju musuh, penghadangan, penyergapan, pengintaian, patroli keamanan serta puncak latihan Hardha Marutha III ditutup dengan Operasi Raid Penghancuran.

Komandan Wing III Paskhas, Kolonel Pasukan Deni Ramdani SE, yang sekaligus sebagai Direktur Latihan Hardha Marutha III menuturkan, kedua konsep latihan yang dilaksanakan baik Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) bertujuan selain untuk melatih dan menguji kemampuan prajurit baret jingga, khususnya jajaran Wing III Paskhas sekaligus menunjukkan bahwa Prajurit di jajaran Wing III Paskhas senantiasa siap dan mampu mengembang tugas apapun baik dalam Misi Operasi Militer Perang (OMP) ataupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). (imj/bai)