PERLIHATKAN UANG- Petugas penukaran uang Bank Indonesia Lhokseumawe, memperlihatkan uang Rp 75.000, kemarin. ARMIADI/RAKYAT ACEH.

LHOKSEUMAWE (RA) – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe, Yukon Afrinaldo, menyatakan, hingga saat ini animo masyarakat untuk menukarkan uang baru Rp 75.000 sangat tinggi. Itu terbuktikan dengan banyaknya masyarakat yang datang ke Kantor Bank Indonesia Lhokseumawe setiap harinya.

“Untuk mengakomodir antusiasme ini, Bank Indonesia telah membuka jalur penukaran kolektif sejak 25 Agustus 2020 dan menambah kuota penukaran individu dari 150 menjadi 300 orang per hari sejak tanggal 27 Agustus 2020,”ucap Kepala Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe, Yukon Afrinaldo.

Ia mengatakan, jalur kolektif umum ditujukan untuk instansi/lembaga, perusahaan, asosiasi serta kelompok masyarakat. Kemudian, masyarakat dapat mengikuti mekanisme penukaran pada aplikasi berbasis website melalui tautan https://pintar.bi.go.id maupun kanal media sosial Bank Indonesia.

Selain itu, Yukon Afrinaldo menyebutkan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk pemesanan dan penukaran UPK 75 Tahun RI secara kolektif di Bank Indonesia Lhokseumawe yaitu, Warga Negara Indonesia, memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), minimal mewakili 17 orang, satu KTP hanya berlaku untuk satu lembar UPK 75 RI, informasi penukaran kolektif juga dapat dilihat pada https://pintar.bi.go.id.

Sementara mekanisme penukaran kolektif, kelompok masyarakat menunjuk pihak yang akan mewakili mereka untuk melakukan penukaran dan menerima UPK 75 secara kolektif. Pihak yang ditunjuk mengirimkan surat permohonan dan daftar pemesan kolektif dalam format Microsoft Excel melalui email UPK75_LHOKSEUMAWE@bi.go.id.

“Format surat permohonan dan daftar pemesanan kolektif dapat diunduh pada tautan (link) https://bit.ly/3iq6VQh,“ucap Yukon kepada Rakyat Aceh, kemarin. Pihak yang ditunjuk akan menerima notifikasi email bahwa daftar pemesan kolektif sudah diterima dan akan segera diproses.

Pihak yang ditunjuk akan menerima email konfirmasi jadwal penukaran dalam bentuk bukti pemesanan melalui email. Untuk penukaran, pihak yang ditunjuk datang secara langsung ke Kantor Bank Indonesia Jl Merdeka No.1 Lhokseumawe sesuai jadwal yang tertera di bukti pemesanan. (arm/ra)