Bupati Aceh Barat H. Ramli MS saat memakaikan masker kepada salah seorang anak pengunjung pasar Bina Usaha Meulaboh, Senin (14/9). Rakyat Aceh/Denni.

MEULABOH (RA) – Bupati Aceh Barat menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke pasar dan warung kopi di Meulaboh. Sidak tanpa terencana ini, sengaja dilakukan di komplek Pasar Bina Usaha untuk melihat secara nyata kedisiplinan warganya dalam penerapan protokoler kesehatan, Senin (14/9) pagi.

Dalam Sidak tersebut, Bupati H. Ramli MS, Kapolres Aceh Barat, dan Kajari Aceh Barat, silih berganti mengingatkan warga dan menegur pedagang yang ditemukan tidak menggunakan masker.

“Jangan anggap remeh, ini kita (Aceh Barat) sedang perang melawan Covid-19. Gunakan masker itu, minimal dapat menghambat mata rantai penyebaran virus ini,” ucap Bupati Aceh Barat H. Ramli MS, jika setiap menemukan warganya tidak memakai masker.

Sidak kali ini, sambung H. Ramli MS, merupakan langkah awal yang persuasif, namun apabila kedepannya kembali ditemukan pedagang yang tidak mematuhi protokol kesehatan maka surat izin usahanya akan dicabut sesuai Perbup yang sedang disusun tentang Penerapan disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan.

H. Ramli MS juga menyampaikan, saat ini sudah ada beberapa masyarakat Aceh Barat yang terinfeksi wabah Covid-19, sehingga ia mengaku panik dan dikhawatirkan virus tersebut akan mudah tertular kepada masyarakat lainnya, jika tidak membiasakan diri dengan mematuhi protokol kesehatan.(den/rus).