Cakupan Kepemilikan E-KTP di Langsa 93 Persen

Rakyat Aceh

LANGSA (RA) – Sebanyak 93,43 persen warga Kota Langsa sudah memiliki KTP Elektronik. Artinya, tinggal 8 persen lagi yang belum memiliki kartu identitas penduduk.

“Jadi hampir semua masyarakat Kota Langsa sudah memiliki E-KTP,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Langsa, Drs H Ibrahim Latif MM, kepada Rakyat Aceh, Rabu (16/9).

Disebutkan, dari jumlah total warga Kota Langsa 135.213 jiwa yang wajib E-KTP, mereka yang sudah melakukan perekaman sebanyak 126.330. Jadi kalau dipersentasenya sudah mencapai 93,43 persen. Artinya, masih ada 9.000 orang lagi yang belum melakukan perekaman, atau tinggal 8 persen lagi.

Namun persentase capaian tersebut setiap waktu bisa saja berubah menurut perkembangan pertambahan penduduk yang mencapai usia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

“Bila ada warga yang mencapai usia 17 tahun ke atas atau sudah menikah setiap saat bertambah,” ujar pria yang sering disapa Wak Him.

Dirinya berkomitmen akan terus mengupayakan blanko E-KTP tetap tersedia, sehingga warga yang sudah wajib memiliki KTP bisa dapat terlayani semuanya.

Untuk meningkatkan cakupan kepemilikan, petugas Disdukcapil Kota Langsa akan terus turun ke gampong-gampong untuk melakukan perekaman agar semua warga yang sudah berumur 17 tahun ke atas atau yang sudah pernah menikah dapat memiliki kartu identitas resmi.

Untuk itu, dirinya juga berharap kepada semua geuchik dalam wilayah kota Langsa untuk mendata warga yang belum merekam atau belum memiliki KTP.

“Mohon kerjasama dengan semua pak geuchik dan petugas registrasi penduduk di gampong untuk mendata semua warga yang merekam atau belum memiliki ktp el, dan kami siap menjemput bola untuk ktp el di seluruh gampong dalam wilayah kota Langsa.” Ujar Ibrahim Latif. (ris/ra)