CALANG (RA) – Lonjakan terpapar Corona di Kabupaten Aceh Jaya kian meningkat menjadi 45 kasus positif COVID-19, ironinya tingkat kesadaran dalam menggunakan masker tergolong rendah.

Hal tersebut dikatakan Juru Bicara Gugus COVID-19 Aceh Jaya, Ns Idham Chalik, S.Kep,. M.K.M, kepada Rakyat Aceh, Jumat (18/9).

“Memang benar untuk saat ini ada 11 tenaga kesehatan telah keluar hasil positif Covid-19 dari jumlah keseluruhan berjumlah 45 kasus,” tukas NS Idham.

Dikatakannya, terkait rincian petugas kesehatan yang terpapar Corona di Dinas Kesehatan 2 Kasus, Puskesmas Teunom 3 kasus, sementara RSUDTU 6 kasus.

“Yang kita sayangkan tingkat pengunaan masker masih tergolong rendah di tengah-tengah masyarakat,” tukas Idham.

Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat dan semua pihak untuk mematuhi protokol kesehatan, baik menjaga jarak, menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah dan rutin mencuci tangan.

Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Aceh Jaya, Cut Dewi Hastati, kepada media ini, mengatakan terkait adanya kasus positif 2 petugas di dinas kesehatan, pihaknya akan memperketat pemeriksaan bagi tamu yang akan datang.

Memang ujarnya, untuk petugas dinas telah dilakukan tes swab, sebanyak 50 orang, sementara 17 belum mengikutinya. Selain itu juga akan dilakukan tes swab di Puskesmas Teunom.

Disebutkan Cut Dewi, di dinas banyak masyarakat melakukan pengurusan surat rujukan baik terkait adanya pengurusan izin rumah makan, sehingga kedepan bagi bukan tenaga medis akan diperketat pemeriksaan.

Dirinya juga mengimbau masyarakat untuk terus mematuhi standar protokoler kesehatan sesuai protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah,” tutup, Cut Dewi. (say/min)

Tenaga kesehatan menjalani tes swab