Bimtek Anggota DPRK untuk Meningkatkan Kapasitas

Mhd Saleh, Ketua DPRK Bener Meriah.

REDELONG (RA)- Ketua DPRK Kabupaten Bener Meriah, Mhd Saleh menyatakan, bimtek yang dilaksanakan sejumlah anggota DPRK Bener Meriah ke Medan untuk meningkatkan kapasitas.

Selain untuk meningkatkan kapasitas, bimtek juga untuk meningkatkan pengetahuan seluruh anggota dewan dalam hal penganggaran, pengawasan serta pembuatan Perda Bener Meriah sesuai dengan tugas dan fungsi DPRK.

“Seperti yang kita ketahui bersama anggota DPRK berasal dari berbagai latar belakang keilmuan dan jenjang pendidikan yang berbeda dengan tujuan akhir agar anggota dewan mampu mengimplementasikan trifungsi untuk kemajuan Bener Meriah,” katanya.

Untuk itu katanya peningkatan kapasitas dan memperkuat kelembagaan DPRK menjadi agenda prioritas yang harus di segera dilaksanakan.

Sebutnya, bimtek ini juga sebagai pembekalan bagi anggota dewan untuk lebih memaksimalkan peran pengawasan dan penganggaran khususnya menghadapi pembahasan anggaran di tahun 2021.

“Bimtek ini sangat penting untuk anggota dewan agar lebih memahami perundang-undangan, peraturan dan regulasi baru lainnya, agar dalam proses pemgambilan kebijakan dan keputusan akan lebih berhati-hati dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Pihaknya juga mengaku, kegiatan bimtek yang di laksanakan di Meda, tersebut telah melalui protokol covid-19 secara ketat baik dari sisi penyelenggara maupun peserta. “Meskipun demikian para anggota DPRK setelah pulang ke Bener Meriah akan segera melakukan rapid tes,” ujarnya.

Saleh juga menegaskan, anggaran yang digunakan juga bukan merupakan mata anggaran baru hasil pembahasan KUA PPAS-P 2020 yang baru selesai di bahas beberapa hari yang lalu melainkan sudah diprogramakan sejak lama. (uri/bai)