Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 21 Sep 2020 07:20 WIB ·

DLHK3 Ajak Warga Pilah Sampah


 DLHK3 Banda Aceh bersama warga Gampong Alue Deah Teungoh (ADT), Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, memilah sampah rumah tangga pada kegiatan kampanye gerakan World Cleanup Day (WCD). IST/RAKYAT ACEH Perbesar

DLHK3 Banda Aceh bersama warga Gampong Alue Deah Teungoh (ADT), Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, memilah sampah rumah tangga pada kegiatan kampanye gerakan World Cleanup Day (WCD). IST/RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh mengkampanyekan gerakan World Cleanup Day (WCD) lewat aksi pemilahan sampah di rumah warga, Sabtu (19/9).

Tahun ini yang jadi sasaran pihaknya adalah Gampong Alue Deah Teungoh (ADT), Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh.

Kepala DLHK3 Banda Aceh, Hamdani SH menjelaskan, gerakan ini merupakan aksi nyata serta aktualisasi kerjasama antara Pemko Banda Aceh dengan Komunitas Peduli Lingkungan dan masyarakat.

“Dalam rangka memperingati World Cleanup Day 2020 untuk Banda Aceh kita melakukan kegiatannya di Gampong Alue Deah Teungoh,” katanya.

Gerakan ini diharapkan partisipasi masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah jadi lebih meningkat. “Pada tahun 2020 ini, ada sekitar 22 persen target kita,” ucapnya.

Kegiatan ini turut dihadiri perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh, Shinta dan Juariah. Pihak DLHK Aceh turut memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan ini.

Terlihat dari beberapa ibu-ibu dari warga Gampong ADT mereka wawancarai langsung terkait teknis pemilahan sampah dari rumah hingga ke depo WCP Dan manfaat yang dirasakan selama mengikuti program ini.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Hendra Gunawan SHut menjelaskan, dalam aksi kali ini pihaknya langsung ke lapangan untuk mengutip sampah-sampah yang ada di Gampong ADT bersama masyarakat dan Komunitas Peduli Lingkungan juga membersihkan selokan di sepanjang permukiman warga.

Sejak dilakukan pembinaan oleh DLHK3 tahun 2015 lalu, Gampong ADT sendiri sudah memiliki sebanyak 10 depo WCP yang masing-masing depo terdiri dari 20-30 rumah.

“Sudah sangat berkurang tumpukan sampah liar karena masyarakat sudah terbiasa melakukan penumpukan sampah di titik-titik depo WCP. Untuk sampah residu bisa ditampung di komunal-komunal yang telah disediakan di setiap titik depo,” lanjutnya.
Dalam kesempatan yang sama, Keuchik Gampong ADT, Azri Munaldi, berterimakasih kepada DLHK3 Kota Banda Aceh yang telah menyelenggarakan kegiatan ini di gampongnya.

Menurutnya, program ini sangat positif dalam rangka menjaga lingkungan tetap bersih. “Jadi kebersihan itu kita awali dari lingkungan kita masing-masing karena dengan kita menjaga kebersihan insyaallah kita bisa terhindar dari segala penyakit apa lagi selama ini kita juga sedang dilanda pandemi Covid-19,” sebutnya. (ril/bai)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Bank Aceh Layani Penukaran Uang Menjelang Idul Fitri 1445 H

28 March 2024 - 21:36 WIB

Berbagi Kebahagiaan Ramadan, PT Solusi Bangun Andalas Santuni Anak Yatim

28 March 2024 - 19:44 WIB

Kapendam IM Silaturrahmi ke Harian Rakyat Aceh dan PWI

28 March 2024 - 17:45 WIB

Pemuda Aceh Reformasi Minta Pj Gubernur Aceh segera Lantik Kepala BPKS Definitif

28 March 2024 - 15:10 WIB

166 Siswa MA Aceh Besar Diterima Kuliah Lewat Jalur Prestasi

28 March 2024 - 13:51 WIB

Tingkatkan Keamanan, Kemenkumham Aceh Rssmikan Blok Hunian Maximum Security di Lapas Banda Aceh

27 March 2024 - 05:03 WIB

Trending di METROPOLIS