Pembebasan Lahan Tol Binsa Berjalan Lancar

Edi Yandra, Kepala Dinas Pertanahan Aceh.

BANDA ACEH (RA) – Kepala Dinas Pertanahan Aceh, Edi Yandra mengatakan, persiapan pembebasan lahan jalan tol Binjai-Langsa (binsa) diperkirakan lebih cepat dari jadwal.

Kita sudah konsultasi publik baik dengan masyarakat maupun pihak perkebunan yang ada di daerah itu. Dari Aceh Tamiang dan Aceh Timur,” kata Edi yang ditanyai Minggu (20/9) kemarin.

Menurut Edi, ada beberapa lokasi yang terkena pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol tahap kedua ini semuanya mendukung
penuh untuk dibebaskan.

Untuk memperlancar pembangunan ini, tambah Edi, ia juga sudah meminta kepada pelaksana pembangunan PT Hutama Karya agar setiap tahapan yang telah selesai, nanti dapat diresmikan presiden Jokowi.
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah, mengapresiasi Dinas Pertanahan Aceh terkait progres pembebasan lahan
jalan toL Binjai-Langsa (binsa) dan Aceh Timur lebih cepat.

“Saya dapat informasi bahwa pembebasan lahannya lebih cepat bahkan dibandingkan tol tahap I,” kata Nova saat ditanya wartawan di Aceh Tamiang dan Langsa, Sabtu (12/9) pekan lalu.

Dengan lancarnya pembebasan lahan ini menurut Nova, pihak pelaksana pekerjaan sudah langsung mulai bekerja sehingga nanti progresnya tepat waktu dan dilanjutkan ke tahap ketiga.

Untuk pembangunan jalan tol Aceh, kata Nova, ada lima tahap, yakni tahap III dari Aceh Timur-Aceh Utara-Lhokseumawe-Bireuen-Pidie Jaya maka dipastikan selesai pada 2024.
“Pada prinsipnya jalan tol Sumatera dari Aceh sampai Lampung dapat terealisir hingga 2024,” demikian Nova. (imj/bai)