Stop Konsumsi Makanan Mengandung Zat Berbahaya

dhian anna asmaraRumah Sakit Umum Daerah Tgk Chiek Ditiro Sigli.

Bupati Pidie, Roni Ahmad SE
SIGLI (RA)- Bupati Pidie, Roni Ahmad SE, mengingatkan masyarakat agar menjaga kesehatan dan kebersihan, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan dan minuman mengandung zakat berbahaya, karena dapat melemahkan sistem imun tubuh.

Hal itu disampaikan Bupati Roni Ahmad diacara penyemptotan disinfektan RSUD Tgk Chiek Ditiro Sigli, Sabtu (19/9).

“Sebaiknya hindari mengkomsumsi makanan dan minuman mengandung bahan kimia,” kata Abusyik dalam arahannya.

Bupati Abusyiek juga mengingatkan kepada yang hadir agar tidak lagi mengkonsumsi makanan dan minum yang diproduksi mengggunakan atau mengandung zat berbahaya, termasuk ikan yang diawet pakai formalin.

Kepada jajaran kesehatan di daerahnya, Abusyik meminta mereka agar mensosialisasikan bahayanya menggunakan obat semprot tanaman dengan bahan bahan kimia karena dapat merusak kesehatan dan memudahkan berkembangnya virus corona.

Dalam kesempatan itu, Abusyiek juga menyarankan tidak perlu takut berlebihan dengan masalah virus corona, sehingga membuat turun semangat berjuang melawan wabah yang tidak jelas itu.

Begitupun, lanjut Abusyiek, masalah pandemi virus corona ini harus diwaspadai dan diatasi pencegahannya bukan cukup dengan rapat rapat atau hanya berbicara banyak, tapi ditangkalnya dengan selalu berdoa kepada Allah, karena Allah yang bisa menghentikannya.

Diakhir pengarahannya, Abusyiek juga mengingatkan pihak medis agar bertanggungjawab dengan sumpah jabatannya yang hingga akhir hayat tetap berbakti memberikan pertolongan kepada orang sakit.

“Tidak ada lagi kita berbicara masalah kecilnya dibayar jasa medis, tapi ditengah Pandemi Covid-19 ini, semua kita harus melakukan terbaik untuk menyelamatkan orang lain yang membutuhkan pertolongan kesehatan,” sebut Abusyiek.

Apalagi mengingat rumah sakit sebagai salah satu wahana suara yang sangat akurat dan dipercayai masyarakat dalam masalah penyampaian dalam pembahasan dan pencegahan setiap jenis penyakit.

Kepada Direktur RSUD Chiek Ditiro setempat, Bupati Abusyiek mengingatkan agar terus memberikan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat luas untuk memelihara kesehatan dalam.upaya memerangi Covid-19.

Sementara itu, Manajemen RSUD Tgk Chiek Ditiro Sigli, dr Dwi Wijaya kepada media ini, Ahad (20/9) kemarin menyebutkan, apa yang disampaikan Bupati Abusyiek tersebut memang benarnya adanya.

Dimana, kata dr Dwi Wijaya, memelihara kesehatan harus menjauhi setiap makan dan minuman yang mengandung zat kimia, termasuk jajanan ringan yang dijual tanpa pelindung, atau penutupnya sangat berbahaya bagi kesehatan.

Sementara itu, Sekda Pidie, Haji Idhami S.Sos MS.i mengingatkan seluruh PNS dan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dalam kegiatan sehari hari.

“Kita sangat berharap, dan meyakinkan masyarakat tetap menggunakan masker ditempat tempat umum dan memelihara lingkungan yang bersih dari kotoran yang dapat menjadi lahan berkembangnya berbagai penyakit.” Demikian pungkas Idhami.(mag85/ra)