BLANGPIDIE (RA) – Sebanyak 325 peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 di Kabupaten Abdya. Pelaksanaan SKB berlangsung di aula Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah setempat, Selasa (22/9).

Kepala BKPSDM Abdya, drh Hj Cut Hasnah Nur jelang pelaksanaan SKB sesi pertama menyebutkan, peserta yang mengikuti SKB hanya diberi waktu selama 90 menit atau satu jam setengah untuk mengerjakan setiap soal yang ada dalam Metode Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara ( CAT BKN).

“Saat peserta akan mengikuti tes, terlebih dahulu akan dicek kembali kelengkapan administrasi dengan mencocokkan nomor ujian dan KTP masing-masing peserta. Peserta hanya boleh membawa nomor ujian, alat tulis dan KTP ke dalam ruangan, sedangkan yang lain tidak diperkenankan dibawa masuk,”katanya.

Sebelumnya kata Cut Hasnah, jumlah keseluruhan peserta yang mengikuti SKB CPNS formasi 2019 Kabupaten Abdya sebanyak 327 peserta, dengan rincian 315 peserta memilih lokasi ujian di Pemkab Abdya, 8 orang memilih lokasi ujian di Kanreg Medan, 1 orang memilih lokasi ujian di BKN Pusat dan 1 orang lainnya memilih lokasi ujian di Kanreg Makassar.

Sedangkan sebanyak 2 orang pada formasi analis ketenagalistrikan memilih tidak mendaftar ulang SKB, sebab berdasarkan hasil konfirmasi panitia kepada 2 peserta tersebut, mereka sudah lulus disalah satu BUMN.

“Pelaksanaan SKB berlangsung sejak 22-23 September. Hal itu berdasarkan surat Kepala BKN Regional XIII Nomor 173/KANREG-XIII/VIII/2020 tanggal 19 Agustus 2020 perihal penyampaian jadwal pelaksanaan SKB CPNS formasi tahun 2019,” sebutnya.

cutHasnah mengajak para peserta untuk bersungguh-sungguh dalam menjawab semua pertanyaan yang disuguhkan dalam seleksi dimaksud. Sejauh ini, pelaksanaan SKB berjalan normal sesuai dengan harapan.

“kita juga telah merampungkan berbagai persiapan seperti gladi bersih dan pengecekan instalasi jaringan komputer termasuk berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya agar pelaksanaan SKB berjalan tanpa kendala,”ujarnya.

Disebutkan setiap peserta sebelum mengikuti SKB akan melalui tahapan, registrasi dan pemberian pin peserta, menitipkan barang bawaan di lokasi yang telah disediakan panitia, pengecekan suhu tubuh sesuai dengan aturan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 berdasarkan Surat Edaran (SE) Kepala BKN Nomor 17/SE/VII/2020 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi Metode CAT BKN dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),” terangnya. (mat)