Bupati Shabela Abubakar, PLT Sekda Arslan, Kepala Keuangan, Zulkarnain serta Kepala Bapedda Amir Hamzah saat melakukan video confrence dalam rapat kerja nasional dua hari lalu di Pendopo setempat. JURNALISA/RAKYAT ACEH

TAKENGON (RA) – Pemkab Aceh Tengah meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2020, dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Hal ini disampaikan dalam rakernas akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah tahun 2020 melalui video conference, di Pendopo Bupati Aceh Tengah, Selasa (22/9).

Pada acara pembukaan rakernas yang dilaksanakan secara virtual tersebut, juga dilakukan pemberian penghargaan kepada entitas pelaporan peraih opini WTP 10 kali berturut-turut atas pelaporan keuangan tahun 2010-2019 dan peraih opini WTP lima kali berturut-turut atas pelaporan keuangan tahun 2015-2019.

Untuk tahun ini, Kemenkeu RI Sri Mulyani memberikan penghargaan kepada 41 entitas yang meraih opini WTP 10 kali berturut-turut yang diterima oleh 25 kementerian negara/lembaga, tiga pemerintah provinsi, lima pemerintah kabupaten dan delapan pemerintah kota.

Selain itu, penghargaan opini WTP lima kali berturut-turut diterima oleh 286 entitas, yang terdiri dari 26 kementerian negara/lembaga, 24 pemerintah provinsi, 189 pemerintah kabupaten dan 47 pemerintah kota. Salah satu diantaranya adalah Pemkab Aceh Tengah.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani berpesan, pencapaian tersebut dapat terus dipertahankan, karena menurutnya opini WTP adalah gambaran indikator meningkatnya tata kelola dan komitmen pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

“Sehingga tata kelola di semua kementerian dan lembaga maupun di pemerintah daerah dapat terus menunjukan perbaikan dalam menjalankan fungsi dan tanggungjawab pemerintahan,” pesan Sri Mulyani.

Ia juga menekankan, bagi kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang saat ini belum mendapatkan opini WTP, dapat melakukan langkah-langkah yang efektif dan terukur dalam menyelesaikan temuan-temuan dan menindak lanjuti rekomendasi BPK secara bersungguh-sunggun dan komprehensif, sehingga pengelolaan keuangan negara semakin baik.

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, saat dikonfirmasi mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian yang menggembirakan tersebut. Baginya, raihan prestasi tersebut didapat berkat kinerja jajarannya di lingkungan Pemkab Aceh Tengah.

“Terima kasih kepada seluruh jajaran yang bekerja secara sungguh-sungguh dan terus melakukan perbaikan dalam penyusunan laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah,” tutur Shabela. (jur/bai)