Meulaboh – Dalam rangka mendukung produktivitas pertanian di sekitar wilayah operasional perusahaan, PT Mifa Bersaudara menjajaki kemungkinan pemanfaatan pupuk batubara yang merupakan inovasi dari Saputra Global Harvest dibidang teknologi pertanian terkait pemanfaatan batubara sebagai pupuk organik untuk lahan pertanian digampong-gampong binaan CSR perusahaan.

R Umar Hasan Saputra, founder Saputra Global Harvest, menyebutkan bahwa produk pupuk batubara ini memiliki beberapa keunggulan. Pupuk batubara yang di Indonesia bermerek dagang Futura tersebut, dihasilkan dari bahan dasar batubara berkalori rendah yang banyak terdapat di berbagai negara.

“Pupuk ini bersifat organik dan eco-friendly karena dapat memperbaiki kondisi tanah serta dapat diproduksi lebih cepat dan masif serta pupuk batubara ini lebih ekonomis dibandingkan pupuk kimia”, jelasnya.

CSR & Corcomm Sr. Manager PT Mifa Bersaudara Azizon Nurza dalam pesannya mengatakan bahwa potensi untuk pengembangan pupuk batubara ini sangat ideal di Aceh mengingat jenis batubara yang di hasilkan Aceh saat ini merupakan jenis kalori rendah baik itu dari PT Mifa Bersaudara, PT Bara Energi Lestari dan beberapa IUP lainnya.

“Kita akan coba kaji lebih mendalam terkait inovasi teknologi pupuk batubara ini melalui program CSR kita mengingat disekitar wilayah operasional kami sektor pertanian merupakan mata pencaharian masyarakat, tentunya kita berharap dapat mengembangkan produktivitas lahan pertanian tersebut untuk peningkatan ekonomi masyarakat”, ungkapnya.

Dari hasil penjajakan dikatakan bahwa Pupuk batubara tersebut telah melalui serangkaian uji coba dan telah digunakan berbagai kelompok petani di dalam negeri. Pemanfaatan teknologi pupuk ini diciptakan dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan pupuk bagi petani dalam jumlah besar, dan mendukung terwujudnya ketahanan pangan.(den)