Tujuh personil Polres Aceh Tengah kedapatan tidak mengenakan masker terjaring razia Propam, diangkut dan diberi sanksi bila berulang akan ada sanksi berat. JURNALISA/RAKYAT ACEH

TAKENGON (RA) – Sejauh ini Polres Aceh Tengah “putih” untuk kasus wabah corona. Nah, untuk tetap menjaga agar tidak ada anggota yang terjangkit virus corona Kasi Propam setempat melakukan razia pengunaan masker bagi anggota. Razia tidak didalam ruangan, namun menyasar beberapa cafe.

Hal ini dilakukan untuk memastikan anggota tetap patuh akan protokol kesehatan (prokes) yang telah ditetapkan. Dengan mengunakan masker berarti kita telah melindungi diri dari virus corona.

Disampaikan AKBP Sandy Sinurat melalui Kasi Propam, Iptu Jerianto Siallagan, pengawasan internal polisi di Takengon utama, sebelum turun untuk menertibkan masyarakat. Prokes yang telah disepakati wajib bagi seluruh anggota Polres untuk mematuhinya.

“Kita benahi didalam dulu, kalau anggota tertib semua akan bekerja dengan nyaman dan jauh dari covid -19. Saat ini disiplin harus tinggi, kalau tidak tertular,” ujar Jerianto Siallagan.

Dengan enam personil Propam dengan mengendarai mobil langsung turun ke cafe atau warung kopi. Tak ayal dan naas bagi beberapa anggota Polres yang duduk manis sambil menikmati arabika kopi Gayo, terciduk tidak mengenakan masker.

“Kita langsung bawa ke mako untuk diberikan arahan dan langsung diberikan sanksi ringan untuk pertama ini, kalau mengulangi baru sanksi berat menanti,” ujar Jerianto.

Kegiatan hari pertama penertiban pengunaan masker dikalangan Polres Aceh Tengah, tujuh anggota dari beberepa bagian langsung diberikan sanksi ringan, push ap dan akan dikenakan sanksi lanjutan membersihkan lingkungan Mapolres.

Disampaikan Jerianto, kegiatan itu sebelumnya sudah mendapatkan ijin dari pimpinan (Kapolres). “Atas izin pimpinan, kita melaksanakan penegakan disiplin di lingkungan Polri secara internal, dalam hal ini untuk mencegah penyebaran virus covid.

Untuk tetap melakukan pengawasan internal melalui kegiatan penegakan disiplin di lingkungan Polri,” lanjut Jerianto Siallagan sambil mengatakan razia akan berkelanjutan.

Kasi Propam juga menegaskan sebelum personil Polres melaksanakan, apel pagi, telah dilakukan penyemprotan disinfektan di setiap ruangan. Hal itu sebagai upaya Polri dalam mencegah virus covid -19. (jur/bai)