Anggota Kodim 0106 Takengon, disela-sela pembangunan fisik melalui program TMMD juga menyempatkan diri untuk kegiatan sosial mengajarkan anak-anak desa Pantan Musara mengaji. JURNALISA/RAKYAT ACEH

TAKENGON (RA) – Program Tentara Manungal Membangun Desa (TMMD) terus dikebut di salah satu desa di Kabupaten Aceh Tengah oleh Kodim 0106.

Bukan hanya sarana fisik yang menjadi target, namun hal lain yang bersifat sosial. Siang malam, hampir tiada waktu untuk rehat.

Untuk saat ini sarana fisik dan kegiatan sosial terus dimaksimalkan, TNI yang siap diturunkan dalam situasi apapun juga mampu untuk mengajar anak-anak desa yang berada dilokasi TMMD untuk mengaji.

“Ini adalah keharusan yang harus dilaksanakan oleh anggota TNI. Kegiatan sosial juga wajib dan seiring pembangunan sarana fisik,” ungkap Dandim Teddy.

Dalam TMMD ke-109 ini, Serda Heri Gusjianto yang ditunjuk untuk mengajarkan anak-anak desa di balai pertemuan Kampung Pantan Musara, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Senin (28/9).

Dandim 0106 Aceh Tengah, Letkol Inf Teddy Sofyan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan intruksi dari komando atas, supaya setiap prajurit harus memberikan sumbangsih terhadap lingkungan tempat tinggalnya, termasuk dalam penugasan seperti di lokasi TMMD saat ini.

“Dalam kegiatan TMMD ini tak hanya kegiatan fisik saja yang dikerjakan, tetapi juga non fisik, melalui kegiatan sosial lainnya, termasuk kami intruksikan kepada personel satgas juga melaksanakan kegiatan keagamaan,” kata Teddy.

Sementara itu, anggota satgas TMMD Serda Heri Gusjianto mengungkapkan, yang ia laksanakan bersama rekan rekannya itu untuk berbagi hal yang positif dan memotivasi anak-anak agar lebih giat lagi memperdalam ilmu agama, sehingga kelak mereka memiliki keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Ada kepuasan bathin tersendiri ketika kita dapat berbagi sesuatu yang positif dan memotivasi anak-anak agar lebih giat lagi memperdalam ilmu agama,” ungkap Serda Heri Gusjianto. (jur/bai)