Calang (RA) Pemerintah Jaya, Melalui sektor pertanian mempersiapkan 110 hektar lahan padi penangkar benih untuk pengadaan 330 ton untuk musim tahun 2021 tersebar kelompok penangkar benih dalam Kabupaten Aceh Jaya.

Hal tersebut dikatakan, Bupati Aceh Jaya Drs H.T Irfan TB, Melalui Kadis Pertanian Aceh Jaya, Saiful Bahri Sp, Kepada Rakyat Aceh Rabu (30/9). di Calang, turut di dampingi Kabid Tanaman Pangan & Holtikultura, Fadlon Mirza, beberapa lokasi yang dilaksanakan petani sendiri untuk penangkar benih, Panga 50 Hektar, kelompok Saban Perle yang berkerja sama PT Pertani sumber anggaran APBN.

Yang akan direncanakan panen pada bulan oktober oleh Bupati Aceh Jaya, selain itu adapun, Program SDMB (Seribu Desa Mandiri Benih) Program Kementrian Pertanian terdiri di kecamatan Jaya, Darul Hikmah , Setia Bakti, Panga, Teunom Dan Pasie Raya seluas 60 Hektar.

Dari jumlah lahan 110 hektar pada tahun 2021 akan menghasilkan 330 ton, maka diprediksi mengalmi surplus benih dari luasan lahan 8943 hektar lahan yang tersedia.

Sementara kebutuhan benih 223 Ton dari jumlah lahan yang tersedia 8943 hektar lahan, “ harapan kita dimasa mendatang petani dapat melakukan penanaman serentak untuk menghindari hama, termasuk memudahkan pemasaran dalam mendongkrak perekonomian bagi para petani dalam Kabupaten Aceh Jaya “. Tutup Saiful (say)