Ketua Dewan dan Bupati Pidie menandatangani hasil perubahan akhir keuangan daerah Kabupaten Pidie tahun 2020. DHIAN ANNA ASMARA/RAKYAT ACEH

SIGLI (RA) – Ketua DPRK Pidie Mahfuddin Ismail, berharap Bupati Pidie Roni Ahmad SE, agar segera memperbaiki dan meningkatkan kinerja SKPK yang dinilai kurang produktif.

“Saya selaku pimpinan dewan dan seluruh anggota DPRK Pidie, berharap bupati untuk segera berbenah mengejar berbagai kekurangan selama belakangan ini,” kata Ketua DPRK, Mahfuddin Ismail.

Dalam pidato di Sidang Panutupan Masa Persidangan ke-I DPRK Pidie, Selasa (29/9) malam dihadiri Bupati Pidie Roni Ahmad SE, unsur forkopimda, para asisten, serta seluruh kepala dinas, badan, kantor dan camat. Ketua DPRK Mahfuddin Ismail berharap Bupati Roni Ahmad, agar berkomitmen untuk bekerja keras.

Pasalnya, sebut Mahfuddin Ismail, realisasi semua target pendapatan dan belanja daerah yang tahun 2020 ini mengalami penurunan sangat drastis.

Ketua DPRK Mahfuddin Ismail menyebutkan, substansi perubahan anggaran Kabupaten Pidie, tahun 2020 tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum anggaran.

Dalam hal ini, disebutkan Mahfuddin Ismail, hanya keadaan yang disebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit organisasi, antar kegiatan, serta antar jenis belanja.

Perlu pula menjadi catatan, bahwa kondisi ini telah membuat dan menjadikan saldo anggaran melebihi tahun sebelumnya dan harus pula digunakan pada tahun berjalan, keadaan darurat dan luar biasa.

Bupati Abusyiek dalam sambutannya mengatakan, itu hanya beda pendapat antara eksekutif dan legislatif. Hal ini, adalah lumrah menurut sisi pandang.

Begitupun, lanjut Bupati, pihaknya turut berterima kasih atas kerja keras seluruh anggota dewan yang telah bersidang siang malam dalam upaya merampungkan dan mengesahkan perubahan anggaran pendapatan dan belanja Kabupaten Pidie tahun 2020.

Ia menyebutkan, apapun penafsiran atau perbedaan pendapat dalam masalah perubahan anggaran daerah, namun pihak eksekutif tetap mengacu pada mekanisme dan ketentuan Pengelolaan Keuangan Daerah. (mag85/slm)