LANTIK- Ketua Majelis Ulama Nanggroe Aceh (MUNA) Pusat, Tgk. H. Muhammad Ali melantik kepengurusan MUNA Wilayah Nagan Raya periode 2020-2025 pada Rabu malam (30/9). FOR RAKYAT ACEH

LHOKSEUMAWE (RA) – Ketua Majelis Ulama Nanggroe Aceh (MUNA) Pusat, Tgk. H. Muhammad Ali melantik kepengurusan MUNA Wilayah Nagan Raya periode 2020-2025 pada Rabu malam (30/9). Kegiatan itu berlangsung di Dayah Babul Hidayatul Muslim (BHM), Gampong Lueng Baro, Kecamatan Suka Makmur, Nagan Raya.

Prosesi pelantikan itu berlangsung khidmat ditengah suasana pandemi Covid-19. Turut dihadiri oleh para Ulama, Tokoh GAM, Ketua FPI Abi Naidi dan tokoh masyarakat Nagan Raya. Kemudian, juga tampak hadir Pimpinan Dayah Babul Hidayatul Muslim Abon Ramli, Ketua KPA Nagan Raya Tgk. Azhari, Ketua PA Bang Wan Malaya, Abiya Husaini Ishak, Sekjend Muna Pusat Tgk. M. Yusuf HS, Abi Jol dan Waled Panteu terlihat duduk berdampingan menemani ulama kharismatik Aceh, Abu Paya Pasi.

Tgk. H. Muhammad Ali akrab disapa Abu Paya Pasi menyampaikan pesan moral tentang pentingnya kebesaran jiwa seorang pemimpin dalam memikul amanah dan tanggungjawab. Abu mentamsilkan keikhlasan seorang panglima perang Khalid bin Walid menerima keputusan apapun atas dirinya yang berkaitan dengan jabatan. Dan keikhlasan tersebut hanya mampu dimiliki dengan mengamalkan keagungan ilmu Allah yang berlandaskan pada Tauhid, Fiqah dan Tassawuf.

Untuk itu, Abu mengharapkan agar semua pengurus MUNA yang baru dilantik selalu ikhlas, penuh kesabaran dan menjaga kekompakan dalam memperjuangkan setiap kebenaran. Karena perjuangan selalu dipenuhi tantangan dan rintangan yang tidak mungkin dicapai tanpa keikhlasan, kesabaran dan persatuan.

Sementara itu, Tgk Halim Abe Juru Bicara MUNA Pusat, mengatakan, pelantikan pengurus MUNA Wilayah Nagan Raya merupakan langkah awal dari kepengurusan MUNA Pusat dibawah kepemimpinan Abu di Paya Pasi. “Insya Allah kita akan menyelesaikan seluruh rangkaian pelantikan di tiap-tiap wilayah sebelum tahun 2020 berakhir,” kata Halim Abe.

Harapan kita bersama, sebut Tgk Halim Abe, dengan terbentuknya kepengurusan MUNA di seluruh wilayah, maka akan lebih fokus melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bernilai ibadah untuk kemaslahatan ummat khususnya, di Nanggroe Aceh Darussalam.

Selain itu, Halim juga menjelaskan, dalam lawatan ke pantai Barat itu, dipagi hari sebelum acara pelantikan berlangsung, Abu Paya Pasi berkesempatan meresmikan Dayah Baro Darul ulum Al Mukarramah Pimpinan Abiya Husaini Ishak di Gampong Babah Krueng, Kecamatan Beutong. Bangunan dayah yang dikhususkan untuk santri putra tersebut merupakan “seunambong” dari Dayah induk yang pernah diresmikan oleh almarhum Tgk. H. Muhammad Wali Al Khalidy (Waled Tanoh Mirah) pada tahun 2003.

“Kami atas nama jajaran Pengurus Majelis Ulama Nanggroe Aceh mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya pada semua pihak yang telah mendukung kesuksesan rangkaian acara tersebut,”ucap Halim Abe, dalam relisnya kepada Rakyat Aceh, kemarin. (arm/ra).